Wagub Jabar Sebut Penambangan Liar Salah Satu Penyebab Banjir di Subang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 15:37 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, dalam sambutan kegiatan penyerahan bantuan oleh Wapres Maruf Amin, menyampaikan penambangan liar salah satu penyebab banjir Subang
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutan kegiatan penyerahan bantuan oleh Wapres Ma'ruf Amin, menyampaikan penambangan liar salah satu penyebab banjir Subang. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Subang -

Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menyambut kehadiran Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada kunjungannya dalam rangka penyerahan bantuan kepada korban banjir di Subang, Jawa Barat. Pada kesempatan ini, Uu menyampaikan salah satu penyebab banjir Subang, yakni penambangan liar di wilayah Cimalaka, Sumedang.

"Setelah kami meneliti, ternyata di aliran sungai dan hulu sungai yang tadi disebutkan. Di Kabupaten Sumedang adanya penambangan liar yang ada itu di wilayah Cimalaka," ujar Uu dalam sambutannya di Kecamatan Pamanukan, Sabtu (13/2/2021).

Uu menyebut sudah pernah datang ke lokasi penambangan liar tersebut dan menghentikannya. Tetapi saat ini diketahui penambangan liar masih berjalan.

"Saya pernah ke situ dan saya pernah memberhentikan pertambangan tersebut, tetapi hari ini tetap bisa berjalan," ujarnya.

Dalam sambutannya, Uu juga menyebut ada dua penyebab lainnya di dua kabupaten yang menyebabkan banjir di Subang. Penyebab itu adalah di Garut soal alih fungsi hutan dan di Majalengka soal lahan persawahan.

"Kemudian di wilayah Garut. Ada alih fungsi hutan, tetapi itu memang berizin alih fungsi hutannya. Satu tahun, dua tahun, tidak terjadi apa-apa, tetapi sekian tahun sampai hari ini tetap ada akibatnya," katanya.

"Kemudian juga yang di wilayah Majalengka diganti dengan persawahan dan yang lainnya. Artinya banjir yang datang ke wilayah Subang ini tidak berdiri sendiri, tetapi ada penyebab lain, tetapi tetap di wilayah Jawa Barat," sambungnya.

Diketahui, dalam kunjungan kerja ini, Ma'ruf Amin juga akan hadir ke lokasi pengungsian korban banjir di Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang, Jawa Barat. Penyerahan bantuan itu akan disambut langsung oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Lihat Video: Ma'ruf Tinjau Lokasi Banjir Subang, Salurkan 1.500 Paket Sembako

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)