Ke Pamanukan, Ma'ruf Amin Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Subang

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 12:32 WIB
Ke Pamanukan, Wapres Maruf Amin Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Subang.
Wapres Ma'ruf Amin menyerahkan bantuan untuk korban banjir Subang, Jawa Barat. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Subang -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang terdampak banjir. Ma'ruf Amin sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban banjir Subang.

"Kita semua prihatin dengan berbagai musibah, termasuk banjir yang melanda di berbagai di daerah, terutama di Subang ini," ujar Ma'ruf Amin di Kantor Kecamatan Pamanukan, Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

Ma'ruf Amin mengungkapkan Indonesia merupakan negara dengan tingkat risiko bencana alam tertinggi.

"Negara NKRI telah ditetapkan oleh PBB dan Bank Dunia sebagai salah satu negara dengan risiko bencana tertinggi di dunia. Hal ini menuntut kita, sebagai negara besar yang taat beragama, untuk tabah dan sabar bersama para korban bencana," ujarnya.

Setelah itu, Ma'ruf Amin secara simbolis menyerahkan bantuan langsung kepada perwakilan dari pengungsi korban banjir Subang. Bantuan itu juga didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan pemerintah pusat.

Bantuan yang diberikan khusus dari Presiden RI berupa 1.500 paket sembako. Paket sembako itu di antaranya ada beras, minyak, teh, gula, dan masker.

Sedangkan bantuan khusus dari BNPB berupa 10 ribu alat rapid test, 300 ribu masker, 5.000 sarung, dan 1.000 matras. Selain itu, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan 200 paket alat kebersihan yang terdiri atas ember plastik, sapu lidi bertangkai, gayung, pel bertangkai, sikat bertangkai, pel dorong bertangkai, dan kain lap.

Saat tiba, Ma'ruf Amin langsung disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Subang Ruhimat. Ma'ruf Amin terlihat mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu hitam.

(dkp/dkp)