Wapres Ma'ruf Amin: Jika Bencana Subang Berulang, Artinya Kita Tak Cerdas

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 13 Feb 2021 13:48 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Foto: dok. Setwapres)
Subang -

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengunjungi lokasi banjir Subang di Kecamatan Pamanukan, Jawa Barat. Ma'ruf Amin mendoakan musibah bencana di Subang tidak berulang.

"Semoga bencana Subang ini tidak berulang-ulang. Kalau berulang, artinya kita itu tidak cerdas," ujar Ma'ruf Amin di Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021).

Ma'ruf Amin lantas berbicara bahwa sebagai mukmin, jangan tersengat di satu lubang sebanyak dua kali. Analogi tersebut ia sampaikan saat pidato dalam acara penyerahan bantuan.

"Jangan sampai orang mukmin itu tersengat di satu lubang dua kali. Dua kali saja tidak boleh, berarti itu kita kurang cerdas, apalagi berkali-kali," ujar Ma'ruf Amin.

"Karena itu, kita harus akhiri bencana-bencana ini dengan bekerja keras, bersama-sama. Paling tidak kita meminimalkan supaya korban itu minimal. Nantinya itu bisa hilang," tuturnya.

Diketahui, kunjungan Ma'ruf Amin itu juga sekaligus menyerahkan bantuan kepada pada korban banjir. Penyerahan itu dilakukan secara simbolis dan secara langsung kepada perwakilan korban banjir Subang.

Bantuan yang diberikan khusus dari Presiden RI berupa 1.500 paket sembako. Paket sembako itu di antaranya ada beras, minyak, teh, gula, dan masker.

Sedangkan bantuan khusus dari BNPB berupa 10 ribu alat rapid test, 300 ribu masker, 5.000 sarung, dan 1.000 matras. Selain itu, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan 200 paket alat kebersihan yang terdiri atas ember plastik, sapu lidi bertangkai, gayung, pel bertangkai, sikat bertangkai, pel dorong bertangkai, dan kain lap.

Lihat Video: Banjir di Subang Surut, Ratusan Korban Pilih Bertahan di Pengungsian

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/dkp)