Polisi di Makassar Patroli ke Sejumlah Klenteng, Cek Penerapan Prokes

Reinhard Soplantila - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 20:57 WIB
Anggota Polres Pelabuhan Makassar patroli ke klenteng untuk pastikan protokol kesehatan diterapkan
Anggota Polres Pelabuhan Makassar patroli ke klenteng untuk pastikan protokol kesehatan diterapkan. (Reinhard Soplantila/detikcom)
Makassar -

Aparat Polres Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan menggelar patroli dan mengecek sejumlah klenteng-klenteng yang akan mengelar perayaan Imlek 2572. Polisi meminta pengurus klenteng tetap menerapkan protokol kesehatan agar mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Untuk pengamanan tahun ini memang berbeda dengan tahun lalu, di mana kegiatan pengamanan kita laksanakan dengan kegiatan-kegiatan patroli. Kemudian kita melakukan pengamanan pengaturan, khususnya untuk penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19," ujar Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Asfada, pada Kamis (11/2/2021).

Untuk patroli kali ini, Satuan Sabhara Polres Pelabuhan Makassar menyambangi empat klenteng yang berada di Jalan Sulawesi dan Sangir, Kota Makassar, sore tadi. Polisi yang berseragam dan bersenjata lengkap melakukan penjagaan di sudut-sudut klenteng.

Personel kepolisian disiagakan hingga puncak perayaan perayaan Imlek pada Jumat besok. Berdasarkan kordinasi dengan pihak pengurus klenteng, jadwal beribadah di klenteng hanya sampai pukul 17.00 Wita. Setelah itu, ibadah akan dilanjutkan pada keesokan harinya.

"Apa yang disampaikan untuk jadwal kegiatan persembahyangan di klenteng ini sendiri dibatasi sampai dengan pukul 17.00 Wita, kegiatan di klenteng itu sudah dihentikan, selanjutnya akan dilanjutkan besok," kata Asfada.

Lanjut Asfada, beberapa kegiatan yang kerap hadir di setiap Imlek, seperti atraksi tari-tarian barongsai, juga ditiadakan guna mencegah terjadinya kerumunan warga.

"Sedangkan untuk untuk kegiatan seperti biasa pada tahun kemarin barongsai dan sebagainya itu ditiadakan guna mencegah berkumpulnya banyak orang," terang dia.

(aud/aud)