Wali Kota Whisnu Bakal Cek Prokes Klenteng di Surabaya Malam Ini

Esti Widiyana - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 19:43 WIB
Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana akan melakukan pengecekan klenteng.
Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Imlek tahun ini dirayakan dalam kondisi pandemi COVID-19. Sehingga penerapan protokol kesehatan (prokes) di klenteng menjadi sebuah keharusan.

Untuk memastikan prokes diterapkan dengan ketat, Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana akan melakukan pengecekan klenteng. "Nanti kita akan cek memang, ada beberapa klenteng catatan kita yang akan kita cek dan pantauan. Saya nanti akan turun ke lapangan melihat kegiatan ibadah malam Imlek yang merayakan," kata Whisnu di Kampung Tangguh RW 05, Kelurahan Kedung Baruk, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, untuk umat Konghucu yang merayakan Imlek, Pemkot akan melakukan pemantauan sekaligus menjaga. Petugas Satpol PP, Linmas telah dikerahkan untuk menjaga tempat-tempat ibadah.

"Kita sudah imbau, kita berikan surat edaran untuk tidak merayakan secara besar untuk menjaga protokol kesehatan. Sesuai dengan aturan PPKM yang ada yaitu maksimal 50 persen dari kapasitas. Dan itu harus menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

"Ini kita pantau, semoga kalau memang harus dilakukan secara offline, tetap menggunakan protokol kesehatan. Memang kita harapkan bisa dilakukan secara online. Seperti perayaan Natal kemarin," tambahnya.

Sementara untuk pertunjukan Barongsai atau pesta rakyat tidak diperbolehkan. Sebab, bisa mengundang kerumunan.

Di malam tahun baru Imlek ini, klenteng hanya bisa dibuka sampai pukul 22.00 WIB. Sesuai dengan peraturan PPKM yang saat ini diberlakukan.

"Tetap jam 22.00 WIB. Tapi ada beberapa yang mengajukan sampai jam 02.00 WIB nanti kita pantau lihat kondisinya. Kita harapkan jam 22.00 WIB semua sudah selesai," pungkasnya.

(sun/bdh)