Jelang Imlek, Klenteng Kun An Tong Kuningan Tiadakan Sembahyang Berjamaah

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 18:59 WIB
Suasana Klenteng Kun An Tong Kuningan sepi jelang Imlek.
Foto: Suasana Klenteng Kun An Tong Kuningan sepi jelang Imlek (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Suasana sepi jelas terlihat di Klenteng Kun An Tong yang berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tidak ada keramaian di klenteng itu jelang Imlek.

Padahal biasanya, satu hari jelang hari raya Imlek Klenteng Kun An Tong mulai didatangi warga Tionghoa untuk mempersiapkan serangkaian kegiatan. Pandemi COVID-19 jadi penyebab perayaan Imlek di klenteng tersebut tidak dilakukan seperti biasa.

Bahkan pengurus Klenteng Kun An Tong juga meniadakan acara sembahyang bersama yang biasanya dilakukan pada malam Imlek tepat pukul 00.00 WIB.

"Sembahyang bersama jam 00 pada malam Imlek ditiadakan sehubungan khawatir ada kerumunan jadi sembahyang di rumah saja," kata Toto Heryanto Ketua Yayasan Klenteng Kun An Tong saat diwawancarai, Kamis (11/2/2021).

Menurut Toto yang akan melakukan sembahyang di Klenteng Kun An Tong hanya akan diikuti oleh para pengurus saja. Sementara warga Tionghoa di Kuningan diminta untuk melakukan ibadah di rumah.

Di Klenteng Kun An Tong sendiri juga hanya terdapat beberapa lilin berwarna merah yang sudah dipasang. Lilin-lilin itu berasal dari para warga Tionghoa Kuningan.

Meski terkendala pandemi, namun beberapa rangkaian kegiatan rutin seperti pemandian patung dewa dan bakti sosial tetap dilakukan oleh pengurus Klenteng Kun An Tong.

"Rangkaian Imlek biasanya memandikan patung dewa sudah dilakukan, kemarin juga baksos kita kirim ke desa jadi masing-masing desa yang membagikan. Kemarin ada 438 paket sembako," ungkapnya.

Sementara untuk barongsai, Toto menjelaskan tiap tahunnya memang tidak pernah menampilkan pertunjukan khas Imlek tersebut. Barongsai kata dia, hanya ditampilkan di momen tertentu seperti hari jadi Kabupaten Kuningan.

"Barongsai tidak ada, sebelum pandemi juga tidak ada. Kita biasanya ada barongsai kalau hari jadi Kuningan saja kalau internal klenteng tidak ada," tutup Toto.

(mso/mso)