Kakorlantas Prediksi Hari Ini Puncak Arus Mudik Libur Imlek

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 20:15 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono pantau lokasi drive thru tes swab antigen di KM 19 Tol Japek
Kakorlantas Polri Irjen Istiono pantau lokasi drive-thru tes swab antigen di Km 19 Tol Japek. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Kakorlantas Polri Irjen Istiono memprediksi malam ini menjadi puncak arus mudik libur Imlek. Istiono juga menyampaikan prediksi puncak arus balik libur Imlek jatuh pada hari Minggu.

"Hari ini sebagai puncak mudik libur Imlek. Kemudian hari Minggu arus baliknya. Ini harus kita all-out, berikan pengamanan, juga jaga kesehatan, keselamatan, terapkan prokes (protokol kesehatan)," kata Istiono di Km 19 Tol Jakarta-Cikampek (Japek), Kamis (11/2/2021).

Di kilometer ini, Istiono juga mengecek kegiatan drive-thru tes swab antigen gratis untuk mendeteksi virus Corona (COVID-19) yang diberikan kepada pengendara. Selama setengah jam di lokasi, 25 pengendara di-swab antigen dan hasilnya satu orang reaktif.

"Nah tadi kita sudah lakukan (drive-thru tes swab antigen) selama kurang-lebih setengah jam ya, selama kurang-lebih 25 orang. Dan yang terindikasi reaktif itu 1 orang, dan ternyata bersama rekannya juga," jelas Istiono.

Dia menerangkan pengendara tersebut lantas diminta putar balik ke arah asal dan direkomendasikan menjalani tes PCR. Drive-thru swab antigen gratis ini dilakukan selama 4 hari atau hingga Minggu (14/2).

"Tadi saya harusnya untuk putar balik dan tidak membuka masker agar segera ditindaklanjuti dengan PCR. Nah Polda Metro akan melakukan kegiatan ini selama empat hari sampai arus balik libur Imlek," terang Istiono.

Dia menuturkan drive-thru swab antigen gratis ini juga digelar oleh Polda Jawa barat dan Jawa Tengah. Selain perbatasan, Istiono menerangkan polisi lalu lintas juga mengawasi titik-titik yang berpotensi terjadi kerumunan massa, semisal di lokasi wisata.

"Perkembangannya kita pantau di lapangan, untuk titik-titik di lapangan, berkerumunnya masyarakat, terutama konsentrasi ekonomi, wisata ini harus kita jaga. Dan ini kita pantau terus," tutur dia.

Sementara itu, petugas call center Jasa Marga, Fajar, menjelaskan arus lalu lintas di ruas tol Jakarta menuju Cikampek masih normal atau belum ada lonjakan volume kendaraan. Fajar menuturkan kondisi arus kendaraan ramai di ruas tol arah Cikampek menuju Jakarta.

"Sejauh ini belum ada yang signifikan. Belum ada kepadatan akibat pengendara pemudik. Arah Cikampek masih lancar. Yang ke arah Jakarta yang ada kepadatan, tapi mungkin karena ini jam pulang kerja," terang Fajar saat dihubungi detikcom.

(aud/dhn)