Pengamanan Imlek, Dandim Jakpus Libatkan Pengurus Tempat Ibadah

Rahmat Fathan - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 19:50 WIB
Forkopimda Jakpus bentuk polisi relawan (Fathan/detikcom)
Forkopimda Jakpus membentuk polisi relawan. (Fathan/detikcom)
Jakarta -

Dandim 0501 Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arif menyampaikan persiapan pengamanan perayaan Imlek 2021. Pengurus tempat ibadah akan turut dilibatkan dalam menjaga keamanan.

"Minimal di sana ada tiga pilar. Ada perwakilan dari Babinkamtibmas, ada Babinsa, maupun dari Satpol PP. Minimal tiga pilar itu ada untuk ngawasin. Selain itu juga, nanti di situ juga ada pengurus tempat ibadah juga bertanggung jawab," ujar Luqman seusai rapat koordinasi PPKM skala mikro di Mapolres Jakpus, Jalan Garuda, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (11/2/2021).

Menurut dia, ketiga pilar tersebut hanya membantu mengawasi. "Yang punya rasa tanggung jawab yang penuh itu sebenarnya yang pengurus, yang punya tempat ibadah itu," ucapnya.

Dia menyampaikan, pihaknya akan melakukan pengawasan sesuai dengan protokol kesehatan. Tak hanya di kelenteng, pelibatan pengurus tempat ibadah ini juga berlaku dalam perayaan keagamaan lain ke depannya.

"Betul, sampai seluruhnya, tidak hanya satu momen saja. Karena wabah ini berkelanjutan," kata Luqman.

Dalam kesempatan yang sama, Forkopimda Jakpus juga membentuk polisi relawan. Masyarakat akan dilibatkan menjadi polisi relawan untuk mengawasi protokol kesehatan selama PPKM Mikro.

(isa/isa)