Cerita Saksi Kirim Uang Rp 100 Juta ke Rohadi untuk Bantu Bayar Utang

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 13:44 WIB
Panitera Pengganti di PN Jakarta Utara, Rohadi  menjalani sidang dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (5/9/2016). Rohadi didakwa menerima duit Rp 50 juta dari kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah. Selain itu dia juga didakwa menerima duit suap sebesar Rp 250 juta untuk mempengaruhi putusan kasus Saipul Jamil di PN Jakut.
Ilustrasi Sidang Rohadi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Mantan anggota DPRD Papua Barat 2009-2014, Jimmy Demianus Ijie mengaku pernah mengirimkan uang Rp 100 juta ke Rohadi. Jimmy menyebut uang itu untuk membantu Rohadi membayar pinjaman.

Awalnya, Jimmy bercerita bahwa dia pernah meminta bantuan mantan Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Jayapura, Sudiwardono, untuk mengurus perkaranya di Pengadilan Tinggi Jayapura dan mantan hakim ad hoc Tipikor PT Jayapura, Julis C Manupapami.

Saat melakukan pertemuan dengan Sudiwardono, Jimmy meminta bantuan untuk mengurus perkara. Sudiwardono kemudian meminta Jimmy mengirimkan uang Rp 100 juta untuk dikirim ke Rohadi yang disebut sebagai rekan bisnis Julius.

"Waktu itu pertama bertemu Pak Sudiwardono bilang ke saya untuk tolong dibantu temannya yang ada pinjaman Rp 100 juta dikirim melalui rekening infonya ke teman saya. Dalam rekening itu, ada nama Rohadi," ujar Jimmy saat bersaksi secara virtual di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (11/2/2021).

"Saya tanya ke Pak Sudiwardono, Rohadi siapa kata Sudiwardono 'dia itu teman bisnis saya'," lanjut Jimmy.

Jimmy mengaku setelah uang Rp 100 juta diterima Rohadi, dia kembali dihubungi oleh Julius selaku perantaranya dengan Sudiwardono. Jimmy mengaku diberi tahu agar menyiapkan uang untuk mengurus perkara.

"Tidak ada nego waktu itu, yang pertama itu transfer Rp 100 juta spontan disampaikan saat itu. Tapi perjalanan selanjutnya memang diberi tahu Pak Julius urusan ini pasti butuhkan biaya, saya bilang kami siap saja, silakan," ungkap Jimmy.

Rohadi Akui Terima Rp 100 Juta

Rohadi yang duduk sebagai terdakwa mengakui menerima uang Rp 100 juta. Namun Rohadi tidak menjelaskan uang itu digunakan untuk membayar pinjaman atau bukan seperti yang dikatakan Jimmy.

"Benar Yang Mulia (terima Rp 100 juta)," kata Rohadi.

Diketahui, Rohadi Rohadi didakwa menerima suap senilai Rp 1,2 miliar dari Robert Melianus Nauw dan Jimmy Demianus Ijie.

Rohadi disebut jaksa melanggar Pasal 11 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dan juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.

(zap/knv)