Kapolri Akan ke Makassar, Cek Penerapan PPKM Skala Mikro-Kampung Tangguh

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 11 Feb 2021 10:03 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Karin Nur Secha/detikcom)
makassar -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), hari ini. Kapolri hendak mengecek kesiapan Kampung Tangguh di Makassar sebagai barometer di wilayah timur Indonesia.

"Kunjungan ke wilayah pertama nanti akan ada pengecekan Kampung Tangguh, yang merupakan program nasional. Sudah ada instruksi pemerintah pusat, baik Presiden dan Mendagri, bahwa untuk membentuk Kampung Tangguh," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Zulfan saat dimintai konfirmasi, Kamis (11/2/2021).

Penanganan Kampung Tangguh dilakukan tiga pilar, yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan kepala desa/lurah, bersama masyarakat. Program ini untuk mendukung ketahanan pangan di masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Kehadiran Listyo di Makassar disebut untuk memantapkan sinergisitas ketiga unsur di atas dan juga Makassar, yang merupakan barometer kota di wilayah timur Indonesia.

"Bagaimana sinergisitas lapangan yang diterapkan di Kota Makassar ini, karena Makassar sebagai kiblat Indonesia timur. Kenapa tinjau Makassar, kalau di Makassar kita tidak terapkan protokol kesehatan dan PPKM skala mikro yang benar, bagaimana dengan daerah timur yang lain. Ini strategis sekali," ucapnya.

"Kalau Indonesia timur, Sulsel, nggak benar, apalagi yang lain," imbuhnya.

Selain itu, agenda lain dari Kapolri ini adalah memberikan arahan kepada seluruh jajaran polres yang ada di Sulsel. Arahan ini akan dilakukan di Mapolda Sulsel dalam bentuk video conference.

"Kunjungan ke Mapolda memberikan arahan, semua dilakukan lewat vidcon polres masing-masing, hanya pejabat utama polda, itu pun pakai pengaturan protokol kesehatan," sebutnya.

Simak video 'PPKM Mikro Berlaku, Apa Saja Batasannya?:

[Gambas:Video 20detik]



(fiq/jbr)