Bagaimana Jika CVR Sriwijaya SJ182 Tidak Ditemukan? Ini Jawaban KNKT

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 18:06 WIB
Kantong jenazah korban-material pesawat Sriwijaya Air SJ182 terus dikumpulkan petugas. Namun masuk hari ke-9 pencarian, memori CVR SJ182 masih belum ditemukan.
Proses evakuasi Sriwijaya Air SJ182. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

KNKT dibantu tim SAR masih terus melakukan upaya pencarian cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ182. KNKT mengaku pentingnya CVR ditemukan agar dapat diketahui percakapan antara pilot dan kopilot. Percakapan ini penting untuk mengungkap hal-hal yang masih menjadi misteri, termasuk soal autothrottle yang mengalami anomali.

"Kita belum bisa berpikir kalau CVR tidak ditemukan, ini kondisi-kondisi yang sangat menyedihkan bagi kami sebagai badan investigasi. Kami tidak bisa memberikan suatu hasil atau kesimpulan yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, dalam jumpa pers yang digelar virtual, Rabu (10/2/2021).

KNKT mengaku masih terus akan melanjutkan pencarian CVR hingga ditemukan. Jika CVR tidak ketemu, KNKT tidak dapat menghasilkan suatu laporan yang baik.

"Jadi apa pun CVR ini harus kita temukan, saya juga belum berpikir sampai kapan pencarian CVR ini bisa kita lakukan, sepanjang kita masih sanggup akan kita lakukan dengan dibantu oleh Kemenhub, Basarnas, dan pihak-pihak masyarakat Kepulauan Seribu dan saling gotong royong kami akan cari hingga ketemu," ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Sub-Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo mengatakan, jika CVR tidak ditemukan, tentunya akan berdampak pada hasil investigasi.

"Mungkin ada hal-hal lain yang tentunya akan menjadi kendala buat kami jika tidak ditemukan CVR. Namun apabila setelah upaya yang kita usahakan ini memang CVR tidak ditemukan, maka kita akan melakukan investigasi, melakukan analisa dari semua data yang kita punya. Jadi memang apa yang ada kita akan manfaatkan semaksimal mungkin, tetapi apabila CVR ada tentunya akan sangat membantu," ujarnya.

Sebelumnya, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyampaikan preliminary report atau laporan pendahuluan terkait tragedi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. KNKT mengungkap investigasi terkait jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 masih akan berlanjut dan pencarian CVR juga masih terus dilakukan.

"Investigasi belum selesai, dan cockpit voice recorder atau CSMU dari CVR ini belum ditemukan, dan KNKT masih melakukan upaya pencarian dengan berbasis di Pulau Lancang, Kepualauan Seribu," kata Kepala Sub Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo Utomo, dalam jumpa pers yang disiarkan secara virtual, Rabu (10/2/2021).

Lihat Video: KNKT Tetap Cari CVR Sriwijaya Air SJ182

[Gambas:Video 20detik]



(yld/bar)