Mobil Meledak Saat Isi BBM di SPBU Sumsel, 3 Orang Terluka

M Syahbana - detikNews
Rabu, 10 Feb 2021 13:23 WIB
Kondisi SPBU di Sumsel lokasi mobil meledak saat isi BBM (Syahbana-detikcom)
Kondisi SPBU di Sumsel lokasi mobil meledak saat isi BBM. (Syahbana/detikcom)
Palembang -

Satu unit mobil meledak saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU yang terletak di Jalan Lintas Sumatera, Betung-Sekayu, Sumatera Selatan (Sumsel). Tiga orang mengalami luka bakar akibat peristiwa itu.

"Ketiga korban luka bakar tersebut semuanya sudah dilarikan ke rumah sakit untuk diberikan tindakan medis," kata Kapolsek Lais Muba AKP Herman Junaidi saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/2/2021).

Peristiwa ledakan tersebut terekam CCTV SPBU dan viral di media sosial. Dalam rekaman itu, terlihat ada satu unit mobil dengan pelat BG-2993-MA sedang mengisi bahan bakar.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 18.20, Selasa (9/2). Api disebut pertama kali keluar melalui bagian depan dan menyambar tempat pengisian bahan bakar.

"Api berasal dari kabin depan mobil kemudian menyambar hingga ke tangki bensin," ujar Herman.

Petugas SPBU kemudian berlari menjauh. Pengemudi dan penumpang juga keluar dari mobil untuk menyelamatkan dir.

"Akibat dari ledakan tersebut api menghanguskan satu unit mobil dan melahap sejumlah atap plafon SPBU," kata Herman.

Tiga korban akibat peristiwa itu mengalami luka bakar sekitar 30%. Ketiganya adalah penumpang mobil Adit (13) dan Alip (14) serta seorang operator SPBU, Ifran Soni (22).

Seusai kejadian, lokasi SPBU dipasangi garis polisi. Herman mengatakan pihaknya masih menyelidiki penyebab ledakan itu. Dia menduga ada tangki tambahan di mobil tersebut.

"Dugaan sementara, mobil tersebut ada tangki tambahan. Tapi untuk kebenarannya kita masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut," tutur Herman.

(haf/haf)