Mahfud Md di Rakor Karhutla: Kabut Asap Lintas Batas 2020 dari RI Nihil

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 18:41 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md.
Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan selama ini Indonesia kerap meributkan perihal kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Namun, ia mengungkapkan, sejak 2016, Indonesia sudah tidak pernah mendapat kritik dari pihak luar negeri terkait karhutla.

"Seberapa lama pun Anda melihat Orde Baru, setiap tahun kita selalu ribut kebakaran hutan. Sampai terakhir keributan itu terjadi pada 2015, ketika tahun pertama Presiden Jokowi masih presiden masih ribut, protes dari berbagai negara datang," kata Mahfud seusai rakor terkait karhutla di KLHK, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (9/2/2021).

"Tetapi, sejak 2016 sampai sekarang, semuanya sudah mulai teratasi. Saudara sudah bisa melihat tidak pernah ada berita pihak luar negeri ngekritik Indonesia atau memprotes pemerintah Indonesia karena kebakaran hutan tahun 2016," sambungnya.

Menurut Mahfud, tingkat kabut asap lintas batas atau transboundary haze pada 2020 mencapai angka nol atau kosong. Ia pun berharap Indonesia dapat mempertahankan hal itu.

"Dan pada 2020 ini, tingkat kebakaran atau yang disebut transboundary haze itu ternyata nihil, kosong. Nah, kita gembira dengan itu. Mudah-mudahan kita bisa ke depan menjadi lebih baik," ucapnya.

Mahfud mengatakan selama ini setidaknya setiap 5 tahun sekali, pemerintah Indonesia selalu memiliki permasalahan terkait karhutla. Sedangkan, menurutnya, dalam 5 tahun terakhir, dunia internasional sudah tak pernah mempermasalahkan adanya kejadian terkait karhutla.

"Itu suatu kegembiraan yang jarang diberitakan bahwa kita ini selama 5 tahun terakhir, tidak punya ribut-ribut hutan, padahal dulu setiap 5 tahun ribut ada orang sesak napas, ada orang kekurangan masker dan sebagainya," ungkap Mahfud.

"Tapi 5 tahun ini alhamdulillah dunia internasional tidak pernah mempersoalkan itu lagi. Dan insyaallah kita akan terus bekerja keras dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Rakor digelar secara tertutup di KLHK, Senayan, Jakarta, sejak pukul 14.00 WIB. Rapat digelar secara fisik dan virtual.

Hadir langsung di lokasi Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Wamen LHK Alue Dohong, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Mendagri Tito Karnavian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadir juga para kepala daerah serta kementerian/lembaga terkait secara virtual.

Lihat juga Video: Mahfud: Sejak 2016, Tak Ada Lagi Negara Tetangga Protes Asap Karhutla

[Gambas:Video 20detik]



(hel/dkp)