Mahfud Md Tegaskan Pemerintah Siap Antisipasi Karhutla di 2021

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 18:19 WIB
Konpers Menko Polhukam Mahfud Md
Konferensi pers Menko Polhukam Mahfud Md (Rahel/detikcom)
Jakarta - Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) menggelar rapat koordinasi khusus (rakorsus) terkait antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2021. Menko Polhukam RI Mahfud Md mengatakan pemerintah siap menghadapi dan menanggulangi potensi kebakaran pada 2021.

Rakor digelar secara tertutup di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senayan, Jakarta, Selasa (9/2/2021) pada pukul 14.00 WIB. Rapat digelar secara fisik dan virtual.

Hadir langsung di lokasi Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Wamen LHK Alue Dohong, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Mendagri Tito Karnavian, Mendes Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Hadir juga para kepala daerah serta kementerian/lembaga terkait secara virtual.

"Saudara sekalian, kami tentu ingin menginformasikan saja bahwa kami sudah siap menanggulangi dan menghadapi musibah kebakaran kalau itu harus terjadi di tahun 2021," kata Menko Polhukam Mahfud Md kepada wartawan, Selasa (9/2/2021).

Mahfud mengatakan Presiden Joko Widodo akan memberi pengarahan langsung terkait antisipasi Karhutla. Menurutnya, rapat akan digelar pada 17 Februari 2021.

"Kami tadi rapat untuk membuat antisipasi dan nanti akan mendapat pengarahan langsung dari Presiden. Kalau jadwalnya tidak berubah, itu tanggal 17 Februari," ucapnya.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan Presiden Jokowi sejak 2016 memimpin proses penanggulangan karhutla. Bahkan pemerintah Indonesia telah membentuk Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Sejak 2016, Presiden Republik Indonesia memimpin sendiri penanggulangan kebakaran hutan ini dengan membentuk apa yang disebut Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan melalui sebuah inpres yang menunjuk Menko Polhukam sebagai koordinator dengan para menteri, Kapolri, dan lembaga yang ditunjuk dalam tugas-tugas spesifik untuk menghadapi kebakaran hutan itu," ucapnya.

Simak Video: Mahfud: Sejak 2016, Tak Ada Lagi Negara Tetangga Protes Asap Karhutla

[Gambas:Video 20detik]



(hel/knv)