Duyung 140 Kg Ditemukan Mati Terdampar di Dumai Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 13:29 WIB
Bangkai duyung yang ditemukan di Riau (dok. Istimewa)
Bangkai duyung yang ditemukan di Riau. (Foto: Istimewa)
Pekanbaru -

Seekor duyung atau dugong ditemukan mati terdampar di pantai Pulai Bungkuk, Dumai, Riau. Bangkai duyung tersebut ditemukan pekerja di pelabuhan sekitar.

Kepala Bidang KSDA Wilayah II Riau Heru Sutmantoro menyebut duyung itu ditemukan mati, Minggu (7/2/2021). Saat itu salah satu pekerja mencium bau tak sedap di lokasi.

"Awalnya ada masyarakat atas nama Johar Mayuda mencium bau bangkai menyengat di sekitar pantai. Merasa curiga, pekerja itu mendatangi sumber bau," ujar Heru kepada wartawan, Selasa (9/2).

Heru mengatakan awalnya warga tersebut menganggap bangkai yang ditemukannya adalah pesut. Dia kemudian melaporkan penemuan bangkai ke Balai Besar KSDA Riau.

"Setelah dicek, ternyata bangkai tersebut bukan pesut, akan tetapi seekor duyung (dugong). Satwa sudah mati dan terdampar kurang-lebih 30 meter dari bibir pantai," katanya.

Duyung yang mati itu memiliki panjang sekitar 2 meter, lingkar perut 40 cm dan berat sekitar 140 kg. Penyebab kematian belum diketahui.

Tim resort Dumai Konservasi Wilayah II dan masyarakat setempat menguburkan bangkai Duyung itu karena baunya sangat menyengat. Heru mengatakan pihaknya tak menemukan bekas luka di tubuh duyung.

"Penyebab kematian belum tahu, karena di tubuh satwa tersebut tidak ditemukan ada bekas luka atau bekas sobekan. Termasuk apabila kena jaring atau baling-baling kapal yang melintas," katanya.

Simak Video: Warga Desa Bahaba Temukan Dugong Betina dalam Kondisi Luka

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)