Wagub Ijeck Targetkan Wartawan di Sumut Divaksin Corona Maret

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 13:18 WIB
Wagub Sumut Musa Rajekshah (Datuk Haris-detikcom)
Wagub Sumut Musa Rajekshah (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck) berbicara soal vaksinasi Corona atau COVID-19 di Sumut. Ijeck menargetkan wartawan disuntik vaksin Corona mulai Maret 2021.

"Kawan-kawan pers yang nantinya, Insyaallah di bulan Maret. Akan ada vaksin untuk kawan-kawan pers," kata Ijeck saat mendatangi Warkop Jurnalis dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Medan, Selasa (9/2/2021).

Ijeck mengatakan Pemprov Sumut sedang berusaha untuk mendapatkan vaksin bagi seluruh warga. Dia mengatakan vaksinasi terhadap wartawan ditargetkan digelar Maret karena jurnalis merupakan profesi yang sulit menghindari kerumunan saat bekerja.

"Vaksin saat ini pemerintah sedang berusaha untuk bisa memvaksin seluruh lapisan masyarakat, tapi karena keterbatasan dari pada vaksin yang ada makanya kita bikin bertahap," ucapnya.

"Karena tidak menyadari, tidak mungkin kawan-kawan pers tidak berhubungan dengan orang banyak, dengan berkerumun apalagi dalam mengambil berita. Maka ini penting kawan-kawan pers juga mendapatkan vaksin," kata Ijeck.

Ijeck mengatakan pandemi Corona berdampak pada banyak orang. Dia meminta warga mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Corona.

"Harapan kami kawan-kawan wartawan semuanya bersemangat dan sama-sama membantu pemerintah supaya menyadarkan masyarakat agar tetap sehat dengan protokol kesehatan dan jaga imunitas badan," ujar Ijeck.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sudah menyiapkan vaksin COVID-19 untuk para wartawan. Jokowi mengatakan rencananya vaksinasi awal untuk wartawan dilakukan akhir Februari ini.

"Saya yakin banyak awak media yang sudah ingin divaksin, tadi saya sudah bisik-bisik ke Prof Nuh (Ketua Dewan Pers), untuk awal nanti di akhir bulan Februari sampai awal Maret nanti," kata Jokowi dalam pidatonya di Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (9/2).

Jokowi mengatakan ada 5.000 dosis vaksin COVID-19 sudah disiapkan untuk vaksinasi awak media.

"Untuk awak media sudah kita siapkan kira-kira 5.000 orang untuk bisa divaksin. Ini termasuk pertama, nanti begitu keluar dari Bio Farma 12 juta (dosis) kita berikan 5.000 untuk awak media," ujarnya.

Tonton Video "Gubernur Edy Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin di Sumut":

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)