ADVERTISEMENT

Round-Up

9 Lokasi di Pulau Jawa yang Sempat Banjir: Semarang hingga Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Feb 2021 06:04 WIB
Banjir di Pejaten Timur
Foto: Banjir di Pejaten TImur (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Banjir merendam sejumlah kota di Pulau Jawa. Hujan yang terus menerus mengguyur membuat genangan di beberapa titik. Namun, ada pula yang sudah surut.

Banjir terjadi dari Semarang hingga Jakarta. Bahkan banjir ada yang terjadi sejak Sabtu (6/2/2021) hingga kemudian surut.

Berikut ini sejumlah lokasi banjir di Pulau Jawa yang telah dirangkum detikcom, Senin (8/2/2021):

1. Semarang

Kota Semarang dilanda banjir. Banjir di Kota Semarang juga membanjiri kawasan RSI Sultan Agung yang berada di Pantura Terboyo. Meski demikian pasien dipastikan aman karena tidak berdampak ke kamar perawatan.

Humas RSI Sultan Agung, M Chanif Miftahudin mengatakan hari Senin (8/2/2021) adalah hari ketiga banjir di sana. Air mulai masuk kawasan rumah sakit sejak hari Sabtu (6/2) subuh.

"Kami mulai tahu ketika ada beberapa ruangan yang kemasukan air. Saat itu juga langsung evakuasi, karena masih pagi belum banyak pelayanan, sehingga langsung evakuasi barang-barang yang bisa diamankan. Gedung D paling ujung yang terdampak paling parah, tapi barang-barang Alhamdulillah sudah berhasil dievakuasi. Termasuk kebetulan tidak ada pasien di lantai 1," jelas Chanif ditemui detikcom di RSI Sultan Agung, Senin (8/2/2021) petang.

Pelayanan di gedung D lantai 1 yang terdampak banjir bisa dialihkan ke gedung yang lainnya termasuk gedung MCEB. Untuk gedung MCEB yang terdampak adalah basement atau tempat parkir. Pasien berada di lantai 2,3, dan 4 sehingga sampai saat ini aman.

Untuk diketahui, banjir melanda Kota Semarang hari Sabtu (6/2) lalu. Per Senin (8/2/2021) sudah banyak yang surut, namun Pantura Terboyo Semarang masih tergenang, termasuk kawasan RSI Sultan Agung. Hingga pukul 20.00 WIB, Senin (8/2) kondisi kedalaman air masih sama dengan siang hari.

2. Jakarta

Banjir juga merendam sejumlah titik di Jakarta. Dihimpun detikcom, Senin (8/2/20210, banjir masih menggenangi kawasan Pejaten Timur, Rawajati, dan Kampung Melayu. Selain itu, hujan deras kembali mengguyur lokasi banjir.

Pantauan detikcom 19.11 WIB, Senin (8/2) air masih menggenangi kawasan RW 8 Pejaten Timur. Personel damkar masih berada di sekitar lokasi untuk melakukan evakuasi. Selain itu, perahu karet pun sudah disiagakan.

Warga pun berhamburan untuk berteduh setelah hujan deras turun. Ada yang berteduh di pinggir rumah warga. Sebagian lainnya meneduh di tempat makan.

Sementara itu, hujan deras mengguyur kawasan Kampung Melayu. Beberapa korban terdampak banjir terlihat lalu-lalang membawa barang-barangnya ke posko pengungsian.

Di tempat lain, para korban banjir juga telah berada di posko pengungsian SDN 01/02 Kampung Melayu. Para pengungsi tampak beristirahat di ruang kelas, meskipun ada pula beberapa orang yang masih beraktivitas di koridor.

Tonton video 'Pemulihan Jalur KA, Rel di Semarang yang Terendam Banjir Ditinggikan':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT