Pelajar di Pekanbaru Ditangkap Usai 9 Kali Menjambret

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 08 Feb 2021 19:55 WIB
Ilustrasi kejahatan penjambretan.
Foto Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Pekanbaru -

Seorang pelajar di Pekanbaru berinisial JR (18) ditangkap polisi. Pelajar SMA itu ditangkap setelah 9 kali menjambret para pengendara sepeda motor.

Informasi yang diterima detikcom, JR ditangkap pada Sabtu (6/2) pukul 16.00 WIB oleh Reskrim Polsek Tampan. Polisi menangkap JR usai menerima laporan adanya aksi penjambretan di Jalan Garuda Sakti, Pekanbaru.

"Sabtu pukul 11.00 WIB, telah terjadi aksi jambret. Korban adalah ibu-ibu yang saat itu mengendarai sepeda motor bersama anaknya," kata Kapolsek Tampan Kompol Hotmartua Ambarita kepada wartawan, Senin (8/2/2021).

Ambarita menerangkan korban yang saat kejadian tengah mengendarai sepeda motor tiba-tiba dipepet empat orang tidak dikenal. Dua di antaranya langsung menarik perhiasan milik korban.

"Akibat perhiasannya ditarik, korban jatuh. Melihat korban jatuh, pelaku ini langsung menarik emas yang sudah putus," katanya.

Tak lama setelah kejadian, korban melapor ke Polsek Tampan. Polisi yang menerima laporan dan ciri-ciri salah satu pelaku langsung bergerak cepat.

"Dari laporan dan ciri-ciri pelaku yang kami terima, kami lakukan pengejaran terhadap para pelaku. Satu pelaku, JR kita tangkap," kata Ambarita.

Saat diperiksa, JR mengaku sudah 9 kali melakukan aksi serupa bersama ketiga rekannya yang kini masuk daftar pencarian orang (DPO). Adapun target mereka adalah ibu-ibu yang mengendarai sepeda motor di tempat sepi.

"Pengakuan sudah 9 kali beraksi. Bahkan dari pelaku kami amankan sepeda motor dan sebilah golok yang biasa dipakai saat beraksi. Untuk 3 pelaku lain masih DPO," katanya.

(ras/man)