Duka Anies-SBY Kenang Rektor Paramadina Prof Firmanzah yang Tutup Usia

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 06 Feb 2021 21:30 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Prof. Ilya Avianti Komisaris PT PLN, Prof. Firmanzah Rektor Paramadina dan Algooth Putranto Ketua Insani Madina Graduate School Universitas Paramadina saat diskusi di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu (28/2/2018). Diskusi ini membahas kemitraan pemerintah, bisnis dan masyarakat madani pencegahan korupsi.
Foto: Rektor Universitas Paramadina Prof Firmanzah (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Prof Firmanzah meninggal dunia. Duka pun mengalir melepas kepergian Rektor Paramadina itu.

Kabar Prof Firmanzah meninggal dunia awalnya dibenarkan oleh pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio.
"Iya betul, sedih sekali," kata Hendri Satrio ketika dihubungi, Sabtu (6/2/2021).

Hendri Satrio memohon doa atas kepergian Prof Firmanzah.

Pelayat berdatangan di rumah duka almarhum berada di Taman Parahyangan Golf Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat. Salah satunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Jenazah Prof Firmanzah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Firmanzah Meninggal Dunia karena Vertigo

Penyebab meninggal dunianya Firmanzah terkuak. Dia diduga meninggal karena sakit vertigo.
"Kabarnya beliau meninggal dunia karena vertigo," kata salah satu dosen Universitas Paramadina Khoirul Umam saat dihubungi lewat telepon, Sabtu (6/2/2021).

Khoirul mengatakan pihak keluarga belum memberikan konfirmasi resmi terkait penyebab meninggalnya almarhum.

Namun, menurut dia, informasi yang diterima rekan-rekan almarhum dari pihak rumah sakit menyebut Prof Firmanzah meninggal dunia karena vertigo.

Sekilas Profil Prof Firmanzah

Sebelum menjadi Rektor Universitas Paramadina, Prof Firmanzah merupakan dekan termuda di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Prof Firmanzah lahir di Surabaya pada 7 Juli 1976. Ia menghabiskan masa SD hingga SMA di kota tersebut.

Prof Firmanzah merupakan lulusan Universitas Indonesia Jurusan Manajemen pada 1998. Kemudian ia melanjutkan pendidikan dan lulus magister manajemen pada 2000, meraih gelar M.Phil bidang Organisation and Manajemen Strategic di University of Lille 2005, serta Program Doktoral di Strategic and Manajemen International (UUPA).

Prof Firmanzah terpilih menjadi Rektor Universitas Paramadina pada 2015. Ia menggantikan Anies Baswedan. Sebagai rektor, ia bertekad mewujudkan Universitas Paramadina sebagai kampus yang independen dan kultural serta membawa Universitas Paramadina ke tingkat internasional.

Jadi Dekan FE UI pada Usia 33 Tahun.

Sebelum menjadi rektor termuda di Universitas Paramadina, Prof Firmanzah merupakan profesor termuda dan pernah menjabat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2009-2012. Firmanzah sukses terpilih menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) pada usia 33 tahun.

Dalam proses pemilihan Dekan FE UI 14 April 2008, Prof Firmanzah PhD berhasil mengungguli dua kandidat calon dekan lainnya. Mereka adalah Prof Sidharta Utama PhD CFA dan Arindra A Zainal, PhD.

Masuk Istana

Firmanzah juga pernah menjabat staf ahli ekonomi pada era Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012-2014. Semenjak Firmanzah resmi menjadi staf khusus Presiden bidang ekonomi, ia langsung mengundurkan diri dari jabatan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Sederet ucapan duka cita dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Simak di halaman berikutnya.

Lihat Video: Datang Melayat, Anies Sebut Firmanzah Sosok Ilmuwan Tekun

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2