Viral Motor Bonceng 3 Masuk Tol JORR, Polisi Ingatkan Bahayanya

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 22:08 WIB
Viral Motor Bonceng 3 Masuk Tol JORR, Polisi Jelaskan Bahayanya
Tangkapan layar video motor masuk Tol JORR (Screenshot video)
Jakarta -

Sebuah video memuat pemotor bonceng tiga memasuki ruas jalur Jakarta Outer Ring Road Toll (JORR) viral di media sosial. Dalam video itu terlihat tiga remaja berboncengan melintas di dalam ruas jalan tol.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Metro Jaya Kompol Akmal mengatakan akan mengecek peristiwa viral itu. Namun, menurutnya, kejadian pemotor masuk tol biasanya terjadi karena beberapa faktor.

"Biasanya orang yang tidak tahu jalan atau orang dari luar daerah. Lalu tidak melihat rambu larangan," kata Akmal saat dihubungi detikcom, Jumat (5/2/2021).

Menurutnya lagi, dari beberapa kasus yang ditemukan, pemotor sering salah masuk tol karena tidak men-setting moda transportasi terlebih dahulu ketika menggunakan aplikasi navigasi.

"Biasanya mode mobil belum diubah ke mode motor," imbuh Akmal.

Mengenai motor masuk tol, lanjutnya, pemotor bisa dikenai Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 287 ayat 1 tentang pelanggaran rambu hingga Pasal 291 ayat 1 tentang penggunaan helm.

Pasal 287 ayat (1) berbunyi:

"Setiap pengendara yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu."

Pasal 291 ayat (1) berbunyi:

"Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tidak mengenakan helm SNI sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (8) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000."

Lebih lanjut, Akmal menyebutkan bahwa ruas jalan tol tidak diperuntukkan bagi motor karena kecepatan di dalam tol tinggi. Hal ini tentunya membahayakan, tidak hanya bagi pemotor itu sendiri, tetapi juga pengendara lainnya.

"Iya tentu membahayakan," tuturnya.

Dalam video yang viral, terlihat tiga perempuan berboncengan motor dan tidak memakai helm melintas di ruas jalan tol. Kejadian itu disebut-sebut terjadi pada Jumat (5/2) siang.

Dalam video dinarasikan bahwa ketiganya melintas di Tol JORR dan sempat hendak memutar balik. Namun ketiganya melanjutkan perjalanan sampai memasuki Tol Jagorawi.

"Nah sekarang dia masuk Tol Jagorawi karena dia nggak tahu jalan, jadi dia masuk Tol Jagorawi," ujar pria yang merekam video tersebut.

(ygs/mei)