Viral Kelompok Remaja Berkelahi di Tana Toraja, Dipicu Saling Ejek di Medsos

Muhammad Riyas - detikNews
Jumat, 05 Feb 2021 20:29 WIB
perkelahian antar anak SMA
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Video perkelahian beberapa remaja viral di media sosial. Polisi sempat mengamankan para remaja itu dan kini persoalan tersebut telah selesai.

Dalam video viral itu terlihat beberapa remaja putri terlibat perkelahian. Peristiwa itu terjadi di wilayah Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Polisi pun turun tangan ke lokasi, dan mengamankan para remaja yang terlibat perkelahian itu. Para remaja kemudian di bawah ke ruang PPA Polres Tana Toraja.

"Jadi pada saat kejadian itu, kebetulan anggota ini di lapangan masih sementara melaksanakan tugas mobile. Kemudian mendapatkan informasi adanya sekelompok pelajar, yang melakukan perkelahian, pelajar wanita, kemudian segera mendatangi TKP, dan membawa mereka ke kantor untuk di lakukan pemeriksaan," kata Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Jon Paerunan, Jumat (5/2/2021).

Jon mengatakan, dari hasil pemeriksaan, kejadian bermula dari status yang ditulis oleh salah satu kelompok. Kemudian, kelompok lain mengejek berkomentar dan timbul saling ejek.

"Bahwa permasalahan itu diawali oleh ketersinggungan adanya salah satu kelompok, menulis status di sosial media, sehingga kelompok lain tersinggung, sehingga saling mengundang untuk bertemu dengan maksud untuk menyelesaikan permasalahan tersebut," ujarnya.

Lantas mereka saling mengajak ketemu. Di saat mereka bertemu para remaja itu tersulut emosi hingga terjadi aksi perkelahian kelompok.

"Tapi ternyata setelah mereka bertemu. Kemudian situasi antara mereka emosi. Kemudian terjadi perkelahian," ucap Jon.

Namun, karena para remaja itu masih di bawah umur, pihak kepolisian melakukan mediasi dengan memanggil orang tua. Kelompok remaja tersebut kemudian membuat surat pernyataan untuk berdamai.

"Bahwa mereka sudah dilakukan pemeriksaan, setelah dipertemukan di polres mereka semua sepakat untuk berdamai," tutur Jon. (eva/eva)