Jokowi Ungkap Arahan ke 5 Gubernur: Perkuat PPKM Level Mikro dan 3T

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 20:04 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap isi pertemuannya dengan 5 gubernur kemarin. Pertemuan itu dalam rangka mengefektifkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Kemarin saya bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur DI Yogyakarta, Gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Bali, dalam rangka kita mengefektifkan pembatasan kegiatan masyarakat. Jadi saya sampaikan pentingnya 2 hal. Yang di lapangan ini, kita kemarin di lapangan kurang," kata Jokowi melalui video yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (4/2/2021).

Jokowi mengatakan ada 2 hal yang dia nilai kurang maksimal dilakukan saat PPKM, yakni soal pelaksanaan di lapangan serta mengenai testing, tracing, dan treatment atau 3T. Karena itu, dia meminta para gubernur memperkuat PPKM di lapangan dalam level mikro.

"Artinya kita ingin memperkuat kegiatan-kegiatan yang ada di lapangan, sehingga saya sampaikan pembatasan kegiatan masyarakat di level mikro, di level kampung, desa, RW, RT itu penting, kuncinya di situ. Lapangan yang harus dikerjakan," ujarnya.

Jokowi juga meminta para gubernur memperkuat upaya testing, tracing dan treatment di wilayahnya. Dia meminta pelacakan dilakukan terhadap setidaknya 30 orang yang melakukan kontak dengan pasien COVID-19.

"Kemudian yang kedua, yang tidak kalah pentingnya dari sisi pemerintah, yaitu testing, tracing, dan treatment. Artinya, kalau tes COVID sudah dilakukan dan ketahuan segera dilacak, paling tidak 30 orang yang kontak dengan orang ini harus dilacak, dan kalau sudah ketemu segera dilakukan isolasi. Itu yang saya tekankan," tutur Jokowi.

"Jadi 2 itu tadi. Lapangan diperkuat, kemudian 3T juga diperkuat lagi. Tapi juga jangan lupa mengingatkan 3M kepada masyarakat, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Saya kira itu poin pertemuan dengan 5 gubernur kemarin," sambung dia.

Sementara itu, terkait pelaksanaan vaksinasi di daerah, Jokowi mengatakan saat ini berjalan dengan baik. Nantinya, proses percepatan vaksinasi juga akan dilakukan.

"Ya berjalan dengan baik. Tapi masih dilakukan di RS, di puskesmas-puskesmas. Nanti juga akan kita lakukan seperti yang seperti hari ini, dilakukan di Gelora Senayan dalam jumlah yang massal, sehingga mempercepat proses vaksinasi," kata Jokowi.

(mae/zak)