Suara Mahasiswa

Bertemu Menteri LHK, GMKI Bicara Penurunan Luas Hutan di Indonesia

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 15:31 WIB
Pertemuan GMKI dengan Menteri LHK Siti Nurbaya, Kamis (4/2/2021).
Pertemuan GMKI dengan Menteri LHK Siti Nurbaya (dok. GMKI)
Jakarta -

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) bertemu dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Siti Nurbaya. GMKI menyinggung soal penurunan luas hutan di Indonesia.

Pertemuan itu terjadi di kantor KLHK pada Kamis (4/2/2021), dihadiri oleh Ketua Umum GMKI Jefri Gultom, Sekretaris Umum GMKI Michael Anggi, dan Bendahara Umum GMKI Novelin Silalahi. Dalam pertemuan itu, Ketua Umum GMKI Jefri Gultom menyebut luas hutan di Indonesia mengalami penurunan setiap tahun.

"Menurut data yang dihimpun dari BPS tentang statistik lingkungan hidup Indonesia, luas hutan di Indonesia mengalami penurunan. Pada tahun 2011, luas hutan Indonesia seluas 98,7 juta ha dan pada tahun 2018 hanya tersisa seluas 93,5 juta ha. Artinya hutan di Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,5-1 juta ha setiap tahun. Penurunan tersebut diakibatkan alih fungsi hutan, pembalakan liar dan pertambangan tanpa diikuti upaya pemeliharaan dan pelestarian yang berkelanjutan," kata Jefri dalam keterangan GMKI, Kamis (4/2/2021).

Jefri berpendapat, jika kondisi itu dibiarkan terus, akan ada dampak buruk bagi generasi mendatang. Meski dia tidak menampik ada pengurangan jumlah luas hutan yang hilang.

"Kami mengapresiasi kinerja yang dilakukan oleh Ibu di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga telah berhasil menekan angka deforestasi di Indonesia. Pada 2014-2015, laju deforestasi mencapai 1,09 juta ha sedangkan laju deforestasi pada rentang 2016-2017 hanya sekitar 480 ribu ha," kataya.

GMKI menyebut pertemuan denga KLHK bagian dari upaya kolaborasi di era networking society. GMKI akan melaksanakan Dies Natalis ke-71 dengan tema 'Indonesia Menuju Lingkungan Hidup Berkelanjutan'. Siti Nurbaya akan menjadi salah satu keynote speaker.

(aik/dnu)