Round-Up

Terungkap Paspor Ganda Bupati Terpilih Sabu Raijua

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 04 Feb 2021 06:19 WIB
Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore
Foto: Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient P Riwu Kore. (Dok situs KPU)
Jakarta -

Fakta baru terungkap dari skandal kewarganegaraan Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu Kore. Dia mengakui punya paspor Amerika Serikat dan paspor Indonesia sekaligus.

Seperti diketahui, polemik kewarganegaraan ini mencuat usai Bawaslu Sabu Raijua menerima surat dari Kedutaan Besar Amerika Serikat. Bawaslu sebenarnya sudah lama menyurati Kedubes namun baru menerima balasannya baru-baru ini.

Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, menunjukkan surat yang berisi keterangan dari pihak konsuler Amerika Serikat. Dalam surat itu, menyatakan kalau Orient P Riwu Kore merupakan warga negara Amerika Serikat. Surat itu ditujukan kepada Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua.

"Bersama ini, kami menjawab surat bernomor 136/K.Bawaslu-SR/HK.00.02/IX/2020, perihal pertanyaan status kerwarganegaraan dari Bapak Orient Patriot Riwukore. Kami informasikan bahwa Bapak Orient Patriot Riwukore adalah benar warga negara Amerika," tulis pernyataan dalam surat yang ditandatangani Kepala Bagian Konsuler, Eric. M. Alexander.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ikut bergerak menelusuri hal ini. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh sudah menghubungi langsung Orient P Riwu Kore dan fakta baru terbongkar.

"Saya berhasil menelepon Pak Orient Riwu Kore hari ini tanggal 3 Februari 2020, diperoleh informasi bahwa benar yang bersangkutan pernah memiliki paspor Negara Amerika Serikat (AS) tanpa melepaskan status kewarganegaraan Indonesia dan yang bersangkutan memiliki paspor Indonesia diterbitkan tanggal 1 April 2019," kata Zudan dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Di sisi lain, Kemendagri juga mengungkap riwayat kependudukan Orient P Riwu Kore yang tercatat merupakan WNI. Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5