Pendirinya Ditangkap, Begini Kondisi Pasar Muamalah di Depok

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 03 Feb 2021 13:22 WIB
Suasana pasar Muamalah usai pendirinya ditangkap polisi (Azhar/detikcom)
Suasana Pasar Muamalah usai pendirinya ditangkap polisi. (Azhar/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri menangkap pendiri pasar Muamalah di Depok, Zaim Saidi. Kondisi Pasar Muamalah saat ini tak ada aktivitas.

Pantauan detikcom, Rabu (3/2/2021) pukul 12.00 WIB Pasar Muamalah terlihat tutup. Garis polisi pun terlihat dipasang di depan ruko bertulisan 'Kafe Muamalah'.

Meski demikian, warga masih melakukan aktivitas seperti biasa di sekitar lokasi. Warteg yang berada di sisi Pasar Muamalah juga masih tetap buka dan melayani pelanggannya.

Pasar Muamalah terletak di Jl Tanah Baru, Beji, Kota Depok. Pasar ini dikenal sebagai lokasi yang melayani jual-beli menggunakan koin dinar dan dirham, bukan rupiah.

Berdasarkan informasi yang didapatkan detikcom, Pasar Muamalah terletak di Jalan Tanah Baru No. 23, Beji, Depok, Jawa Barat. Pasar tersebut telah dibuka sejak 2014, tetapi dilakukan hanya sebulan sekali atau 2 minggu sekali setiap hari Minggu, pukul 10.00-12.00 WIB.

Diketahui, Zaim Saidi ditangkap tim Bareskrim Polri. Dalam penangkapan itu, polisi menyita sejumlah koin dinar dan dirham yang digunakan sebagai alat transaksi di tempat tersebut.

Zaim Saidi ditangkap pada Selasa (2/2) di Depok. Penangkapan Zaim Saidi ini dibenarkan oleh Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono.

"Benar (ditangkap)," kata Brigjen Pol Rusdi Hartono, saat dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (3/2).

Informasi yang diperoleh detikcom, Zaim Saidi berperan sebagai inisiator dan penyedia lapak Pasar Muamalah. Dia juga merupakan pengelola dan Wakala Induk, yakni tempat menukarkan rupiah dengan koin dirham dan dinar sebagai alat tukar dengan barang yang diperdagangkan.

Penangkapan ini bermula dari informasi yang diperoleh Bareskrim terkait video viral transaksi dinar dan dirham di pasar Muamalah di Jalan Tanah Baru, Beji, Depok. Penyidik Bareskrim telah memeriksa 5 saksi terkait kasus tersebut.

Simak Video: Transaksi Dinar-Dirham Bisa Dibui, Ini Kata Pedagang Pasar Muamalah

[Gambas:Video 20detik]



(man/man)