Tunggakan Rp 6,6 M Dibayar Pemkot, Lampu Jalan di Pekanbaru Nyala Malam Ini

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 15:54 WIB
Jalan di Pekanbaru, Riau, tadi malam gelap. Pemadaman listrik akibat Pemkot Pekanbaru diduga tak membayar tagihan listrik
Lampu jalan di Pekanbaru padam. (Raja Adil Siregar/detikcom)
Pekanbaru -

Tunggakan listrik selama 1 bulan yang menyebabkan lampu jalan di Pekanbaru, Riau, padam sudah dibayar. Pemkot Pekanbaru disebut sudah membayar tagihan Rp 6,6 miliar.

Pembayaran tunggakan tagihan dilakukan Dinas Perhubungan hari ini. Lampu penerangan jalan umum di jalan protokol yang sempat padam kembali menyala malam ini.

"Hari ini sudah kita konfirmasi ke bagian keuangan ada pembayaran Rp 6,6 miliar. Ini dibayarkan sama Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru," kata Manager PLN UP3 Pekanbaru Himawan Sutanto kepada wartawan, Selasa (2/1/2021).

Setelah ada pembayaran tagihan pokok, kata Himawan, lampu jalan yang sempat padam beberapa malam terakhir akan kembali menyala. Listrik ke lampu jalan bakal kembali mengalir.

"Kalau sudah dibayar tentu sudah hidup nanti malam," katanya.

Sebelumnya, lampu di ruas jalan protokol Tuanku Tambusai, Soekarno-Hatta, dan Jenderal Sudirman padam. Pemadaman setelah Pemkot nunggak alias telat pembayaran lampu penerangan jalan umum.

Padamnya lampu jalan membuat warga Pekanbaru khawatir. Kondisi jalan yang gelap gulita dikhawatirkan menimbulkan tindak kriminal dan kecelakaan.

Pemkot Pekanbaru telah memberi penjelasan soal masalah padamnya lampu jalan. Menurut Pemkot Pekanbaru, lampu jalan padam karena ada keterlambatan pembayaran.

(ras/haf)