#ParkiruntukSepeda Perlu Diutamakan di Stasiun KRL 'Awal Perjalanan'

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 18:40 WIB
Parkir sepeda di mal Taman Anggrek Jakarta Barat
Gambar ilustrasi, tidak berhubungan langsung dengan berita. (Uyung/detikHealth)
Jakarta -

Pegowes berharap ada #ParkiruntukSepeda di stasiun KRL. Pakar menyarankan agar penyediaan parkir sepeda diutamakan di stasiun 'awal perjalanan' terlebih dahulu.

Stasiun 'awal perjalanan' adalah stasiun tempat warga mengawali perjalanan dari rumah ke tujuan. Istilah lainnya adalah stasiun 'first mile'. Untuk konteks Jakarta dan sekitarnya, stasiun 'first mile' ini ada di daerah luar Jakarta, sedangkan stasiun 'last mile' atau akhir perjalanan ada di pusat kota Jakarta.

"Perlu disediakan tempat parkir sepeda di stasiun-stasiun first mile untuk mendorong orang-orang menggunakan sepeda," kata Direktur Asia Tenggara Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Faela Sufa, menuturkan kepada detikcom, Senin (1/2/2021).

Stasiun first mile biasa dituju pegowes yang berangkat dari rumah menuju stasiun. Pegowes akan memarkirkan sepedanya di stasiun itu, dilanjut dengan perjalanan menggunakan KRL menuju pusat kota Jakarta. Di stasiun pusat kota, atau last mile, pegowes bisa melanjutkan perjalan menggunakan sepeda 'bike sharing'.

ITDP menyarankan agar parkir sepeda di stasiun KRL tidak perlu bayar lagi apabila pesepeda yang memarkir kendaraannya adalah pengguna KRL. Administrasi bisa disatukan dengan tiket KRL.

"Masalahnya, sekarang banyak orang yang parkir di tempat seadanya dan sepedanya sering hilang. Maka perlu dijamin keamanannya," kata Faela.

Penyediaan fasilitas untuk pesepeda tidak perlu menunggu jumlah pesepeda menjadi banyak. Justru fasilitas pesepeda bisa mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan.

Terlebih lagi, sepeda cenderung lebih sedikit memakan ruang ketimbang mobil. Berdasarkan riset ITDP, ruang yang dibutuhkan 1 mobil bisa muat 10 sepeda kayuh di parkiran.

"Berikan saja dulu fasilitasnya, juga selanjutnya beri kebijakan agar sepeda diamanfaatkan secara optimal," kata Faela.

Selanjutnya, pandangan dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI):

Selanjutnya
Halaman
1 2