Jawab PDIP soal Risma Undang Juru Masak, PKS Bicara Menteri Berkelas Walkot

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 17:27 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf (Dok. Istimewa)
Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Bukhori Yusuf (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

PDI Perjuangan (PDIP) heran PKS kerap mengkritik setiap tindakan yang dilakukan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma. PKS menegaskan melakukan pengawasan agar Mensos Risma bekerja sesuai fungsinya.

"PKS menjalankan fungsi pengawasan agar seorang menteri berjalan sesuai fungsi dan kapasitasnya," ujar Ketua DPP PKS Bukhori Yusuf kepada wartawan, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Bukhori, pelatihan memasak yang dilakukan Risma tidak sesuai dengan jabatan Risma sebagai Mensos. Ia tidak ingin Presiden Joko Widodo (Jokowi) kecewa bila Risma hanya selevel wali kota.

"Pekerjaan yang tidak bermutu untuk ukuran seorang menteri," ujar Bukhori.

"Kasihan Presiden yang sudah memilih menteri dengan ekspektasi yang sangat tinggi, eh ternyata hanya berkelas wali kota," imbuh anggota Komisi VIII DPR RI itu.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera juga menegaskan PKS memiliki kewajiban melakukan fungsi checks and balances sebagai partai oposisi pemerintah. Menurutnya, justru bagus jika pemerintah masih memiliki partai yang terus memberikan kritik.

"PKS sebagai partai oposisi punya kewajiban checks and balances. Mengingatkan dan kasih masukan. Mestinya malah bagus bagi pemerintahan dan partai pendukungnya karena selalu ada yang mengingatkan," ujar Mardani.

Anggota Komisi II DPR RI itu mengapresiasi Risma yang telah bekerja keras dan turun ke lapangan. Namun, menurutnya, PKS ingin Risma bekerja keras namun juga bekerja secara sistematis dan tuntas.

"Bu Risma kerja keras dan turun ke lapangan. PKS tentu inginnya kerja keras tapi sistematis dan tuntas. Mesti dari hulunya hingga ke hilir," katanya.

Simak video 'Mensos Surati 40 Kepala Daerah Minta Perbaiki Data Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



PKS dan PDIP saling kritik terkait Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini sempat mendatangkan juru masak demi melatih pemulung. Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2