DKI Rencanakan Revitalisasi JPO Sudirman, Ini Tanggapan Para Pejalan Kaki

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 13:14 WIB
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakalan merevitalisasi salah satu JPO Karet Sudirman, Jakarta Pusat. Warga Ibu Kota pengguna JPO menanggapi rencana itu.

Salah satu pejalan kaki bernama Daniel (23) menilai rencana ini merupakan hal yang bagus. Menurutnya, dibandingkan JPO lain di kawasan yang sama, cuma JPO Sudirman ini saja yang terlihat tidak prima.

"Bagus. Soalnya, kan kalau dilihat dari JPO-JPO yang ke arah GBK, itu kan udah bagus-bagus juga. Terus juga di sini kan di tengah-tengah kayak tempat perkantoran gitu ya, jadi bakal banyak dilihat orang juga sih. Jadi seharusnya bagus sih," kata Daniel saat ditemui di JPO Sudirman, Sabtu (30/1/2021).

Warga pengguna JPO Sudirman, Daniel berkaos biru, Aldi berjaket jeans. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Warga pengguna JPO Sudirman Daniel (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Perbaikan JPO ini juga ditujukan Pemprov DKI untuk mengenang jasa para tenaga kesehatan (nakes) yang terus menangani COVID-19 hingga saat ini. Daniel menilai baik rencana ini.

"Ya bagus-bagus saja sih, karena kan kondisi lagi COVID-19 begini ya, memang banyak ya istilahnya berkorban gitu. Jadi apresiasi juga sih kalau kayak gitu," ujarnya.

Untuk mengenang nakes gugur, setuju?

Selain itu, ada pejalan kaki bernama Aldi (25) yang menanggapi rencana ini. Aldi lebih menyarankan agar JPO yang akan direvitalisasi nanti bisa menghindari para pejalan kaki dari terpaan hujan.

"Ya kalau menurut saya sih bagus saja kalau direnovasi. Yang penting, kalau hujan, pejalan kaki nggak kehujanan. Kan kalau sekarang begini masih kena-kena hujan ya, orang neduh juga masih kecipratan," ujar Aldi.

Ditanyakan soal JPO untuk mengenang nakes, Aldi menyebut cara ini kurang tepat. Aldi setuju jika perbaikan JPO ini hanya untuk para pejalan kaki menyeberang, sedangkan untuk mengenang nakes, dia menyarankan lebih baik dengan cara lain.

"Kalau untuk memperbaiki JPO dengan tujuan mengenang nakes sebenarnya alasannya kurang tepat gitu. Nggak ada korelasinya gitu, kurang pas sih. Kalau misalnya itu memang diperbaiki untuk menyeberang, ya oke. Kalau untuk nakes, ada banyak cara lain gitu," ujarnya.

Warga pengguna JPO Sudirman, Daniel berkaos biru, Aldi berjaket jeans. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)Warga pengguna JPO Sudirman, Aldi (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)

Selanjutnya, setuju bisa dipakai sepeda juga?