Bareskrim Juga Akan Panggil Abu Janda soal Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 11:47 WIB
Dirtipidsiber Bareskrim Brigjen Slamet Uliandi
Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri juga akan memanggil Permadi Arya alias Abu Janda untuk diperiksa terkait laporan ujaran rasis terhadap eks komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Pemeriksaan Abu Janda terkait ujaran rasisme ini akan dilakukan pada waktu yang berbeda dari jadwal pemeriksaan terkait ujaran 'Islam arogan'.

"Untuk pelaporan terhadap terlapor yang sama, dalam hal ini mengenai cuitan dugaan rasisme kepada Saudara NP (Natalius Pigai), yang bersangkutan juga akan kami panggil dalam panggilan yang berbeda," terang Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Slamet Uliandi kepada detikcom, Sabtu (30/1/2021).

Seperti diketahui, ada dua laporan atas Abu Janda di Bareskrim Polri kemarin dan beberapa hari lalu. Laporan pertama soal cuitan Abu Janda di akun Twitternya @permadiaktivis1 yang dinilai rasisme terhadap Natalius Pigai, dan kedua cuitan soal 'Islam agama arogan' saat terlibat twit war dengan Tengku Zulkarnain.

Sebelumnya diberitakan Bareskrim Polri akan memanggil Abu Janda pada Senin (1/2/2021). Pemanggilan ini didasari laporan Medya Rischa soal dugaan ujaran rasisme ke Natalius Pigai dan penistaan agama karena Abu Janda menyebut 'Islam arogan'.

"Benar dilayangkan panggilan (terhadap Abu Janda terkait laporan 'Islam arogan')," kata Brigjen Slamet Uliandi kepada detikcom, pagi tadi.

Terkait dirinya dipolisikan karena diduga melakukan ujaran rasisme ke Natalius Pigai, dalam kesempatan berbeda Abu Janda mengklarifikasi bahwa cuitannya itu bukan rasial. Dia membawa-bawa Rocky Gerung dalam klarifikasinya.

"Kalau dari konteks objek laporannya sebenarnya kan itu kan asumtif, jadi mereka berasumsi bahwa saya ini rasis. Padahal kalau dari kalimatnya nggak ada, pertama konteksnya bukan menyatakan, tapi bertanya," kata Abu Janda saat dihubungi detikcom, Kamis (28/1).

Simak juga video 'Abu Janda Dilaporkan KNPI ke Bareskrim Atas Dugaan Rasisme':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2