PAN Tak Setuju Revisi UU Pemilu, Ingin Syarat Jadi Caleg Tetap Minimal SMA

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 08:08 WIB
Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Foto: Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Jakarta -

PAN menyatakan harapannya agar tidak ada revisi Undang-Undang (UU) Pemilu. PAN menginginkan syarat pendidikan untuk menjadi capres, cawapres hingga caleg tetap minimal SMA/sederajat.

"Jadi begini kalau posisi PAN selalu pada posisi yang di awal bahwa kami berharap tidak ada perubahan UU pemilu, Jadi kalau kami sudah berpendapat tidak ada perubahan UU Pemilu maka semua yang berkenaan dengan aturan itu mengacu pada UU existing yang ada sekarang," kata Ketua Fraksi PAN DPR, Saleh Partaonan Daulay, saat dihubungi, Jumat (29/1/2021).

"Jadi termasuk di antaranya persyaratan itu, kalau SMA boleh, maka SMA boleh," sambungnya.

Saleh menekankan, yang harus dipikirkan sekarang adalah bagaimana memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Tanah Air. Dia menilai revisi UU Pemilu bukan kepentingan masyarakat luas.

"Karena kita sekarang ada persoalan besar kita lainnya, yaitu bagaimana memutus mata rantai penyebaran virus COVID, kemudian kedua pemulihan ekonomi nasional, ini PR besar, dua hal ini menyangkut hajat hidup banyak rakyat Indonesia, nah sementara pembahasan RUU Pemilu ini kan lebih pada tataran penyelenggaraan dan ini berkaitan pada parpol, dan pemerintah tentunya, sementara kepentingan luas sangat sangat jauh," ucapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.