Pemprov DKI Bakal Revitalisasi JPO Sudirman Bertema Kapal Pinisi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 13:36 WIB
Rencana revitalisasi JPO Sudirman (tangkapan layar)
Foto: Rencana revitalisasi JPO Sudirman (tangkapan layar Facebook Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melakukan revitalisasi jembatan penyeberangan orang (JPO) yang terletak di Karet Sudirman, Jakarta Pusat. Revitalisasi ini disebut sebagai bentuk upaya untuk mengenang jasa tenaga medis yang berjuang menangani pandemi virus Corona (COVID-19).

"Kabar baik untuk warga Jakarta, ada rencana revitalisasi JPO Karet Sudirman yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi virus Corona (COVID-19)," tulis Dinas Bina Marga DKI Jakarta dalam akun facebook resminya seperti dilihat, Jumat (29/1/2021).

Revitalisasi JPO Sudirman ini masuk tahap 2.Dinas Bina Marga DKI menyebut revitalisasi ini akan bertemakan kapal pinisi. Selain itu pula, akan disediakan fasilitas jembatan penyeberangan sepeda dan anjungan pandang Jakarta pada revitalisasi itu.

"JPO dibangun dengan konsep modern dilengkapi anjungan bertema kapal pinisi. JPO ini hadir dengan fasilitas jembatan penyeberangan sepeda (JPS) dan anjungan pandang Jakarta," tulisnya.

Pemprov DKI akan memasang CCTV di sekitar anjungan JPO Sudirman untuk keamanan. Selain itu, galeri apresiasi pejuang COVID-19 dari tenaga kesehatan juga akan disediakan.

"Tak hanya itu, JPO ini juga dilengkapi CCTV dan sensor beban pada anjungan untuk keamanan. JPO ini juga dilengkapi galeri apresiasi pejuang COVID-19 dari tenaga kesehatan selama 2020-2021," katanya.

Revitalisasi JPO Sudirman ini akan dilengkapi lift yang mampu mengangkut sepeda dan pengendaranya, berikut dengan ruang khusus untuk pesepeda.

"Terdapat hubungan baru di area CBD Karet Sudirman antara pejalan kaki, pesepeda serta pengguna transportasi publik. JPO ini juga dilengkapi lift kapasitas 3000 kg yang dapat mengangkut 8 sepeda sekaligus pengendara, maupun penyandang disabilitas yang membutuhkan serta dilengkapi bike lounge," katanya.

(whn/isa)