BPK Sambangi Kejagung, Periksa Tata Kelola Keuangan Tahun 2020

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 12:32 WIB
Jumpa pers di Kejagung usai BPK melakukan pemeriksaan
Jumpa pers di Kejagung usai BPK melakukan pemeriksaan (Foto: Karin/detikcom)
Jakarta -

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyambangi Kejaksaan Agung pada Jumat pagi. Kedatangan BPK untuk memeriksa tata kelola dan pertanggungjawaban keuangan Kejaksaan Agung pada tahun 2020.

"Kami sekarang melakukan pemeriksaan tata pengelolaan pertanggungjawaban keuangan negara yang dipercayakan kepada Kejaksaan Agung," ujar Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I Hendra Susanto di Pelataran Gedung Menara Adhyaksa Kejaksaan Agung RI, Jalan Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/1/2021).

Kedatangan BPK ini disambut oleh Jaksa Agung, ST Burhanuddin. Pemeriksaan pengelolaan keuangan ini termasuk pembelanjaan jasa, barang juga modal untuk Kejaksaan Agung selama tahun 2020. Selain itu, pemeriksaan ini juga terkait tata kelola aset yang dimiliki oleh Kejaksaan Agung.

"Jadi uang yang diserahkan yang dipercayakan oleh pemerintah kepada Jaksa Agung dikelola dan ending-nya kami yang periksa," kata Hendra.

Hendra mengatakan, saat ini tim BPK sedang melakukan pemeriksaan kepada semua entitas untuk memeriksa tata kelola keuangan negara. Kemudian BPK akan memberikan penilaian.

"Jadi semua entitas, Kejaksaan Agung, semua Kementerian, Lembaga saat ini sedang diperiksa oleh BPK terkait dengan tata kelola keuangan negaranya," ungkapnya.

"Nanti akan diberikan opini, opininya apakah wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian, adverse opinion ataupun disclaimer," lanjutnya.

Hendra mengatakan selama empat tahun belakangan, Kejaksaan Agung mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Itu berarti Kejaksaan Agung mendapatkan penilaian level yang paling atas.

"Saya berharap juga tahun 2020, sekarang tahun 2021 yang kita periksa tahun 2020 ke belakang itu Januari-Desember, saya berharap juga opininya itu masih sama seperti yang dulu," jelas Hendra.

(lir/lir)