Round-Up

Jejak Polemik Self-plagiarism Rektor Baru USU hingga Besok Dilantik

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 22:03 WIB
Muryanto Amin (dok. situs resmi USU)
Muryanto Amin (Foto: dok. situs resmi USU)

Muryanto Bakal Dilantik Jadi Rektor USU Besok

Kemendikbud menyatakan tak ada masalah terkait pelantikan Muryanto sebagai Rektor USU yang baru. Muryanto bakal dilantik sebagai Rektor USU pada 28 Januari 2021 di Jakarta.

"Iya, iya, (tak ada self-plagiarism dan bakal dilantik besok)," ujar Sekjen Kemendikbud Ainun Na'im saat dimintai konfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, yang juga merupakan bagian dari Majelis Wali Amanat USU, menyatakan pelantikan bakal digelar pukul 14.00 WIB besok. Dia meminta semua pihak di USU mengikuti keputusan Kemendikbud.

"Kita loyal, rumah induknya itu di Kemendikbud. Harusnya itu dikombinasikan secara ketat sehingga tidak menjadikan kontraproduktif di Sumatera Utara. Sekarang, sudah diputuskan besok dilantik jam 2, kita harus loyal. Untuk itu, kita kembalikan tugas USU, tugas USU itu proses belajar-mengajar, menjadikan sumber daya manusia yang berguna, yang bermanfaat. Saya berharap konflik ini selesai," ucap Edy saat ditanya soal hasil rapat MWA USU yang digelar hari ini.

"Walaupun ada terjadi perdebatan, namanya perbedaan berpikir sah-sah saja, tetapi kita harus mengikuti, wewenang kita MWA kan terpimpin. Kalau atasan sudah mengatakan, saya selaku Gubernur tidak memihak ke kanan dan ke kiri," sambungnya.

Halaman

(haf/haf)