Dinkes Makassar Klaim Tambahan Kasus COVID-19 Turun, Sehari Tambah 80-90

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 13:49 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Makassar -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar mengklaim tambahan kasus positif virus Corona (COVID-19) turun dari rata-rata tambahan sehari 100 kasus menjadi 80 hingga 90 kasus. Hingga hari ini, ada 3.250 kasus COVID aktif di Kota Makassar.

"Jadi beberapa hari terakhir dibawa 100 (tambahan kasus aktif), angka tambahannya ada 80 dan 90 kasus per harinya. Sudah di bawah 100 dalam empat hari ini," kata Plt Kadis Kesehatan Kota Makassar, Agus Jaya Said, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (27/1/2021).

Agus mengungkapkan, turunnya tambahan kasus aktif COVID-19 tersebut mulai terjadi dari 24 hingga 27 Januari 2021. Dinkes Makassar menyebut penerapan jam malam dan aturan protokol kesehatan menjadi faktor penting.

Meski turun, Agus meminta masyarakat Makassar tidak lengah dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Itu juga (turun) bukan ukuran aman, bisa saja nanti hari ini turun, nanti berikutnya naik lagi. Tapi mudah-mudahan penurunan stabil dan kenaikan tak signifikan," ujarnya.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan, masih melakukan kajian bersama pakar etimologi terkait turunnya angka tambahan kasus COVID-19 di Makassar. Belum ada hasil kajian penyebab Corona turun di Makassar.

"Karena ini terkait juga dengan sampel yang diuji. Kan kita lakukan swab sekarang yang memang kontak erat saja, yang pernah kontak sama orang yang terpapar. Kalau soal kajian saya tidak mau melampaui, kenapa turun karena belum ada hasilnya juga tapi bisa jadi karena jam malam juga dan penerapan prokes," tegasnya.

Dari data yang diterima detikcom dari Agus, sampai saat ini sudah ada 19.957 orang di Kota Makassar yang pernah terpapar COVID 19. Sementara untuk kasus aktif hingga hari ini tercatat 3.250 orang.

Simak video 'Kasus Corona di Indonesia Tembus 1 Juta, Menkes: Pandemi Ini Serius':

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/nvl)