detikcom Do Your Magic

Petugas DLH Bersihkan Sampah di Jalan Akses Tol JORR Kalimalang Bekasi

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 10:34 WIB
Petugas bersihkan sampah di pinggir Jalan Tol Kalimalang Bekasi (Taufieq/detikcom
Petugas membersihkan pinggir Jalan Tol Kalimalang Bekasi dari sampah. (Taufieq/detikcom
Jakarta -

Sampah berserakan di akses Tol Kalimalang sebelum pintu masuk Tol Lingkar Luar Timur (JORR), Kampung Caman, Kelurahan Bekasi Barat, Kota Bekasi, mulai diangkut. Sejumlah petugas pagi ini terlihat sedang membersihkan area yang dipenuhi sampah.

Pantauan detikcom, pukul 09.20 WIB, Rabu (27/1/2021), terdapat 20 personel Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lingkungan Hidup Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi menyingkirkan sampah di pinggir jalan. Selain itu, terlihat 2 kendaraan roda tiga, 1 buah mobil pickup, dan 1 buah mobil dump truck disiapkan di lokasi untuk mengangkut sampah.

Para petugas menggunakan alat gacok (besi berbentuk garpu) untuk mengumpulkan sampah. Selanjutnya, sampah akan dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sumur Batu.

Petugas bersihkan sampah di pinggir Jalan Tol Kalimalang Bekasi (Taufieq/detikcomPetugas membersihkan pinggir Jalan Tol Kalimalang Bekasi dari sampah yang berserakan. (Taufieq/detikcom)

Di lokasi, terlihat juga ada spanduk berisi larangan untuk membuang sampah. Spanduk ini berasal dari Pemerintah Kota Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, dan UPTD Bekasi Barat RW 16 Kelurahan Jakasampurna. Di spanduk ini tercantum Perda Nomor 15 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah. Pada Pasal 51 ayat 1, ada sanksi pidana 6 bulan dan denda maksimal Rp 50 juta.

"Dilarang membuang sampah di sepanjang jalan ini!" tulis spanduk itu.

Sebelumnya, Ketua RT 05 RW 016, Kampung Caman, Kelurahan Jakasampurna, Tarwan (41), mengatakan sampah tersebut diduga dibuang secara sengaja oleh pengguna jalan. Dia menyebut sampah tersebut dibuang pada malam hari.

"Karena sampah itu datangnya kadang tengah malam, itu sengaja dibuang di situ. Makanya sekarang jalan tol yang tadinya jalur hijau berubah pemandangannya," kata Ketua RT 05 RW 016, Kampung Caman, Kelurahan Jakasampurna, Tarwan (41), saat ditemui di rumahnya, Sabtu (23/1).

(man/man)