Wanita Mesum dengan Pasien COVID Bisa Masuk RS Dompu Ngaku sebagai Istri

Faruk - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 20:51 WIB
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
RSUD Dompu (Faruk/detikcom)
Dompu -

Perempuan berinisial N terlibat mesum dengan pasien COVID-19 berinisial F yang tengah dirawat di RSUD Dompu. Perempuan itu disebut bisa masuk ke ruang perawatan karena mengaku sebagai istri F.

"Kalau saya ikuti perkembangan di koran itu kan dia melapor sebagai istrinya, sehingga itu juga mungkin diperbolehkan, tapi harus ada standar APD yang dia pakai. Misalnya APD level 3 tidak boleh hanya sekadar masker," kata Sekretaris Tim Gugus Tugas COVID-19 Dompu, Jufri, saat dihubungi detikcom, Selasa (26/1/2021).

Jufri menjelaskan pasien positif COVID-19 yang sedang diisolasi pada tempat tertentu bisa saja ditemani orang lain. Namun ada syarat yang harus dipenuhi, misalnya dilakukan tes usap setiap saat.

Dia pun mencontohkan pada saat Bupati Dompu diisolasi karena positif Corona pada akhir 2020.

"Bupati kita ditemani kok oleh istrinya dalam satu ruangan itu. Tapi tetap dilakukan tes swab kan setiap saat. Begitu juga itu mungkin (kasusnya)," ujarnya.

Atas kasus ini, penerapan SOP dan protokol kesehatan di RSUD Dompu pun disorot. Gugus Tugas COVID-19 berharap kasus ini bisa menjadi pembelajaran bersama di tiap fasilitas kesehatan.

"Mungkin itu yang harus kita ke depan itu harus betul-betul sesuai dengan standar COVID," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Dompu Ipda Ivan Roland C mengatakan penyidik akan mendalami informasi terkait kasus ini kepada dua tersangka. Kabar soal perempuan N mengaku bisa masuk ke RS karena melapor sebagai istri juga akan diperdalam.

"Terkait lolosnya perempuan ke ruang isolasi, besok kami dalami karena sudah dijadwalkan pemeriksaannya. Nanti akan kami periksa petugasnya yang piket saat itu," ujar Ipda Ivan saat dimintai konfirmasi terpisah.

Sementara itu, pihak RSUD Dompu belum memberikan respons saat ditelepon maupun dikirimkan pesan singkat.

Dua orang jadi tersangka dalam kasus ini? Siapa mereka dan apa pelanggarannya? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2