Polri Gambarkan Program Pam Swakarsa Komjen Sigit: Sangat Beda dengan 1998

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 19:00 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di RS Polri (Foto: Tiara/detikcom)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di RS Polri (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Polri menjelaskan program Pam Swakarsa calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo sangat berbeda dengan era Orde Baru pada 1998. Polri mengatakan Pam Swakrsa yang diprogramkan Komjen Sigit akan disesuaikan dengan kecanggihan teknologi dan informasi terkini.

"Jelas ini semua adalah bentuk Pam Swakarsa yang sangat berbeda dengan Pam Swakrsa tahun 1998. Yang dimaksud pengamanan Pam Swakarsa adalah bentuk pengamanan yang dilakukan oleh pengemban fungsi kepolisian yang dibentuk atas dasar kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri. Dan tentunya semua mendapat pengukuhan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2021).

Rusdi menjelaskan aktivitas Pam Swakarsa yang diprogramkan Komjen Sigit akan diawasi oleh kepolisian. Kegiatan operasional Pam Swakarsa, kata Rusdi, akan berdampingan dengan kegiatan polisi di lapangan.

"Artinya, dalam segala aktivitas, dalam segala operasional, Pam Swakarsa senantiasa dikoordinasikan dan diawasi oleh kepolisian. Jadi operasionalnya tidak berjalan sendiri. Senantiasa berdampingan dengan kegiatan-kegiatan aparat kepolisian di lapangan," jelasnya.

Rusdi menerangkan bentuk Pam Swakarsa yang dimaksud Komjen Sigit seperti satuan pengamanan di lingkungan perusahaan atas pengawasan Polri. Bentuk kedua, kata Rusdi, satuan Pam Swakarsa yang dibentuk berdasarkan kemauan masyarakat di lingkungan tempat tinggal.

"Bentuknya antara lain, pertama, satuan pengamanan, yaitu orang-orang yang dididik dan dilatih oleh Polri untuk melakukan pengamanan pada lingkungan tertentu di mana mereka bertugas. Bisa pada perusahaan, pada lingkungan atau kawasan tertentu dan bisa juga di permukiman masyarakat. Yang tentunya kegiatan-kegiatan satpam ini senantiasa dalam koordinasi pengawasan aparat kepolisian," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2