Round-Up

Menghitung Hari Jelang Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 06:02 WIB
DPR RI setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.
Foto: Listyo Sigit Prabowo (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pucuk pimpinan Korps Bhayangkara segera berganti. Dalam hitungan hari, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik menjadi Kapolri.

Seperti diketahui, Komjen Listyo Sigit Prabowo sudah menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR setelah namanya diajukan oleh Presiden Joko Widodo. Seluruh fraksi di DPR kemudian menyetujui Kabareskrim tersebut untuk menggantikan Kapolri saat ini yang akan memasuki masa pensiun, Jenderal Idham Azis.

Surat persetujuan itu kemudian diserahkan DPR ke Sekretariat Negara. Pelantikan kemudian dijadwalkan sebelum 1 Februari 2021. Jadwal lalu ditetapkan pada Rabu, 27 Januari 2021 esok hari.

"Info seperti itu (Komjen Sigit dilantik Rabu lusa)," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (25/1/2021).

Sebelumnya, pihak Kesetjenan DPR mengatakan pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilakukan sebelum masa jabatan Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri berakhir. Pelantikan Komjen Listyo Sigit Prabowo ditargetkan sebelum 30 Januari 2020.

"Jadi SK dan surat persetujuan sudah disampaikan dan pasti pelantikannya akan dilakukan sebelum tanggal 30 (Januari) sesuai dengan batas pensiun Kapolri," kata Sekjen DPR Indra Iskandar setelah menyerahkan SK persetujuan Komjen Sigit menjadi Kapolri ke Istana, Jumat (22/1).

Simak video 'DPR Kirim Surat Persetujuan Komjen Sigit sebagai Kapolri ke Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



Merunut ke belakang, Komjen Listyo Sigit Prabowo telah menjalani sejumlah tahap hingga akhirnya akan dilantik menjadi Kapolri. Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4