Round-Up

Cita-cita Komjen Sigit: Polantas Tak Menilang, Polisi Tanpa Senjata

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 22:05 WIB
Suasana fit and proper test calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo
Foto: dok. DPR RI
Jakarta -

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo bertekad mengubah wajah Polri sesuai harapan masyarakat. Dia pun menyampaikan impiannya tentang polisi masa depan di hadapan anggota DPR.

Cita-cita Komjen Sigit disampaikan saat uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di ruangan Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Salah satunya, Komjen Sigit menyebut akan mengurangi interaksi dalam proses penilangan untuk menghindari praktik penyimpangan uang pada proses tilang. Sebaliknya, ia akan mengintensifkan penerapan tilang elektronik atau menggunakan kamera electronic traffic law enforcement (e-TLE).

"Khusus di bidang lalu lintas, penindakan pelanggaran lalu lintas secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut e-TLE," kata Komjen Sigit.

Menurut dia, hal itu untuk mengurangi praktik penyimpangan selama penindakan tilang oleh anggota di lapangan. Sementara itu, jika tilang berbasis elektronik, nantinya pelanggar lalu lintas akan dikirimkan surat dari kepolisian dan diminta mengikuti prosedurnya secara elektronik.

Oleh karena itu, anggota Polantas bisa fokus mengatur lalu lintas tanpa perlu melakukan tilang.

Komjen Sigit berharap hal ini akan meningkatkan perilaku anggota Satuan Lalu Lintas ke depan.

"Jadi ke depan saya harapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalin yang sedang macet tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri khususnya di sektor pelayanan unit depan, yaitu anggota-anggota kita di lalu lintas," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2