Round-Up

Mulai Terungkap Misteri Suara Ledakan di Buleleng Bali

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 21:34 WIB
Dentuman yang terjadi di Buleleng tercatat seismograf BMKG Bali dalam skala magnitudo 1,1 (dok PGR III BMKG Bali)
Dentuman yang terjadi di Buleleng tercatat seismograf BMKG Bali dalam skala magnitudo 1,1. (Foto: dok. PGR III BMKG Bali)
Jakarta -

Misteri suara ledakan di Buleleng, Bali, mulai terpecahkan. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut asal ledakan itu dari jatuhnya benda antariksa.

Kabar perihal suara ledakan di Buleleng itu awalnya tersebar di grup WhatsApp (WA). Suara ledakan itu disebut-sebut terjadi pada Minggu (24/1/2021) pagi.

Sejumlah pihak terkait pun langsung melakukan penelusuran. Ada dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), polisi, serta TNI setempat bergerak melakukan penelusuran.

Hasil penelusuran sementara diungkapkan Kepala BPBD Bali I Made Rentin, yang bekerja sama dengan pihak TNI menjelaskan setidaknya ada dua dugaan yang berkembang di masyarakat.

Dugaan awal yang menyeruak, ledakan tersebut berasal dari meteor yang jatuh. Namun, untuk memastikannya, dugaan tersebut harus dikoordinasikan dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Dugaan lainnya, suara ledakan tersebut akibat gempa bumi. Soal dugaan ini pun juga sudah dimintakan konfirmasi ke pihak BMKG.

Sementara itu, Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono meyakini suara ledakan misterius itu bukan akibat aktivitas gempa. Sebab, alat sensor BMKG tidak mencatat aktivitas gempa di Bali.

Selain BMKG, Polres Buleleng mengungkapkan hasil penelusurannya. Berbagai informasi dikumpulkan polisi setidaknya dari dua lokasi.

Kasubag Humas Polres Buleleng Iptu Gede Sumarjaya mengaku mendapat informasi ada benda bersinar yang jatuh dari langit. Setelah benda itu terlihat jatuh dari langit, barulah suara ledakan terdengar.

Polres Buleleng juga sudah berkoordinasi dengan BMKG. Berdasarkan hasil koordinasi, BMKG belum bisa memastikan penyebab ledakan tersebut.

Ledakan di Buleleng pun menyisakan teka-teki. Namun, perlahan tapi pasti, tanda tanya besar seputar sumber ledakan akhirnya terungkap.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3