Persadha Nusantara Kritik Koster Soal Suap-suapan Satu Sendok

Andi Saputra - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 19:52 WIB
Viral di media sosial acara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Bali saat sesi tiup lilin bersama dan suap-suapan tumpeng menggunakan sendok yang sama. Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster angkat bicara.
Viral tiup lilin dan suap-suapan satu sendok di acara PDIP Bali. (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Acara tiup lilin dan suap-suapan tumpeng dengan satu sendok yang dilakukan oleh Ketua DPD PDIP Bali sekaligus Gubernur Bali I Wayan Koster mulai dikritik masyarakat Bali. Tindakan itu dianggap sebagai sikap pemimpin yang tak berintegritas.

Waketum DPP Persadha Nusantara Gede Suardana menyayangkan aksi tiup lilin dan saling suap yang dilakukan oleh Koster bersama para petinggi partai yang juga sekaligus bupati itu.

"Tindakan mereka itu sebagai cermin pemimpin Bali yang lemah pengetahuan tentang penyebaran COVID-19 dan rendah integritasnya," kata Suardana kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Suardana mengatakan Koster wajib menjadi teladan bagi rakyat di tengah penanganan pandemi COVID-19. Semua kebijakan taat protokol kesehatan yang dikeluarkan wajib ditaati oleh dirinya sendiri dan masyarakat.

"Pemimpin yang tingkah lakunya tidak menaati aturannya sendiri cermin pemimpin tak berintegritas. Pemimpin yang tak berintegritas jangan harap kejibakannya akan diikuti oleh rakyat. Justru yang terjadi tingkah lakunya itu dikhawatirkan akan menjadi bahan olok-olok rakyat," ujarnya.

Ia berharap Koster selaku Gubernur Bali meminta maaf kepada masyarakat Bali atas tindakannya yang keliru tersebut.

"Lebih bijak jika ia meminta maaf kepada masyarakat Bali daripada membela diri. Jika tidak, dikhawatirkan semua kebijakannya tidak akan diikuti oleh masyarakat karena ia sendiri tak bisa menjadi contoh yang baik," kata Suardana.

Diberitakan sebelumnya, viral acara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Bali karena memperlihatkan sesi tiup lilin bersama dan suap-suapan tumpeng menggunakan sendok yang sama. Dalam acara itu, tampak hadir Ketua DPD PDIP Bali yang juga Gubernur Bali I Wayan Koster.

Acara yang disorot tersebut digelar hari Sabtu (23/1) di aula kantor DPD PDIP Bali di Kota Denpasar. Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster mengatakan acara itu dalam rangka HUT partai dan ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Koster sudah memberikan penjelasan mengenai hal itu. Dia memastikan tidak ada protokol kesehatan yang dilanggar.

"Karena kecepatan, satu sendok dipakai dua orang. Setelah itu yang lain, 9 orang, pakai sendok berbeda," ujar Koster kepada detikcom.

"Tiup lilin dalam rangka HUT partai dan ulang tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri. Saya pastikan tidak ada yang dilanggar, protokol kesehatan dilaksanakan dengan sangat tertib," sambung Koster.

Ditambahkan Koster, para peserta sudah mengikuti rapid test antigen sebelum acara. Hasilnya, dinyatakan negatif COVID-19.

"Acara dilaksanakan di aula kantor DPD PDI Perjuangan dengan jumlah peserta sekitar 25 orang, menjaga jarak, memakai masker, dan telah mengikuti rapid test antigen dengan hasil negatif. Hanya pada saat tiup lilin saja masker dibuka, sebelum dan sesudahnya masker tetap dipakai," terangnya.

(asp/knv)