Koster Suap-Suapan Satu Sendok, PAN: Satgas COVID-19 Bisa Kasih Peringatan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 15:30 WIB
Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Bali yang juga Gubernur Bali, I Wayan Koster, menjadi sorotan setelah melakukan aksi suap-suapan satu sendok di acara PDIP. PAN berharap Satgas COVID-19 memberi peringatan kepada pihak terkait agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

"Makanya, harapan saya, mereka yang tadi yang dianggap apa... melanggar itu, Satgas datang secara sendiri-sendiri ke sana untuk mengingatkan. Jadi bisa dikasih peringatan juga oleh Satgas ya. Jadi artinya jangan terulang lagi seperti itu," kata Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/1/2021).

"Kita harapkan jangan terulang lagi hal seperti itu jika itu memang dianggap melanggar protokol kesehatan," sambungnya.

Anggota Komisi IX DPR RI itu menilai Satgas COVID-19 memiliki tugas untuk menindaklanjuti aksi suap-suapan satu sendok dalam acara PDIP di Bali itu. Saleh pun menyerahkan kejadian itu kepada Satgas COVID-19.

"Jadi, menurut saya, ini adalah tugas Satgas untuk katakanlah menindaklanjuti apakah masih perlu atau tidak. Menurut saya, kita serahkan ini kepada Satgas," ujarnya.

Lebih lanjut Saleh berharap setiap pemimpin, seperti kepala daerah hingga presiden, menjadi contoh kepada masyarakat, khususnya dalam rangka penerapan protokol kesehatan .

"Nah karena itu, kita berharap semua kepala daerah, juga presiden, tentunya itu bisa menjadi contoh yang baik dalam rangka penerapan protokol kesehatan," katanya.

Untuk diketahui, acara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Bali disorot karena memperlihatkan sesi tiup lilin bersama dan suap-suapan tumpeng menggunakan sendok yang sama. Acara tersebut digelar hari Sabtu (23/1) di aula kantor DPD PDIP Balidi, Kota Denpasar.

Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster mengatakan acara itu dalam rangka HUT partai dan ulang tahun Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ketua DPD PDIP Bali I Wayan Koster pun angkat bicara mengenai sesi suap-suapan dengan alat makan yang sama.

Menurut Gubernur Bali itu, para peserta sudah mengikuti rapid test antigen sebelum acara dengan hasil negatif COVID-19. Koster juga mengatakan tidak ada protokol kesehatan yang dilanggar di acara itu.

"Karena kecepatan, satu sendok dipakai dua orang, setelah itu yang lain, sembilan orang, pakai sendok berbeda," ujar Koster kepada detikcom, Senin (25/1).

(hel/imk)