Gerindra DKI Minta Anies Tunjuk Wawalkot Jadi Wali Kota Jaksel

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 16:26 WIB
Seknas BPN Prabowo-Sandiaga Uno, M Taufik memberikan keterangan terkait ribuan form C1 yang disebut untungkan kubu 02. Seperti apa keterangannya?
M Taufik (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra M Taufik berbicara mengenai kekosongan kursi Wali Kota Jakarta Selatan semenjak ditinggalkan Marullah Matali. Taufik meminta Gubernur DKI Anies Baswedan segera menunjuk wakil wali kota Jakarta Selatan untuk menggantikan Marullah.

"Saya sarankan Anies memilih wali kota dari pejabat lingkung Pemkot Jakarta Selatan, bukan dari wilayah lain. Kalau yang ditunjuk Wali Kota Jakarta Selatan, ya Wakil Wali Kota Jakarta Selatan," kata Taufik dalam keterangan pers tertulisnya, Senin (25/1/2021).

Taufik menerangkan pemilihan wakil wali kota untuk diangkat menjadi Wali Kota Jakarta Selatan bukan tanpa alasan. Dia menyebut hal itu dilakukan karena wakil wali kota tidak perlu lagi dituntun saat mulai menjabat.

"Supaya tidak nyasar dan tak perlu dituntun lagi," katanya.

Taufik mengatakan, saat menjabat, Marullah tentu mendapat bantuan dari pejabat di lingkungannya, termasuk dari Wakil Wali Kota Jakarta Selatan. Taufik meminta Anies mempertimbangkan aspek tersebut.

"Pejabat di Jakarta Selatan sudah bekerja sama dengan Sekda Provinsi DKI, Marullah Matali, saat menjadi Wali Kota Jakarta Selatan. Tentu saja kesuksesan Marullah di Jakarta Selatan dibantu wakil wali kota dan pejabat lainnya," ujarnya.

Politikus Gerindra ini mengatakan pejabat yang nanti akan mengisi kursi Wali Kota Jakarta Selatan harus tepat dan dapat bekerja sama dengan Anies sampai akhir masa jabatan gubernur pada 2022.

"Gubernur Anies Baswedan akan habis masa jabatannya pada 2022. Jadi Anies memilih wali kota yang tepat dan tidak nyasar dalam menjalankan tugasnya membantu orang nomor satu di Ibu Kota.

Diketahui, Marullah Matali telah resmi dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta. Marullah Matali sebelumnya menjabat Wali Kota Jakarta Selatan.

Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap mempercayakan jabatan Plt Wali Kota Jakarta Selatan kepada Marullah. Kabar tersebut dibenarkan Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji. "Iya, benar," ujar Isnawa saat dimintai konfirmasi, Rabu (20/1).

Penunjukan Marullah Matali sebagai Plt Wali Kota Jakarta Selatan tertuang dalam Surat Perintah Tugas Nomor 20/-082.74. Marullah diminta menjabat Plt Wali Kota Jakarta Selatan sejak 18 Januari hingga 18 April 2021. Surat tersebut ditandatangani Anies pada 19 Januari 2021.

Dalam surat tersebut, Anies memberikan kewenangan penuh tugas dan fungsi kepada Marullah Matali sebagai Wali Kota Jakarta Selatan.

(whn/gbr)