Marullah Matali Dilantik Jadi Sekda DKI Jakarta Sore Ini

Tiara Aliya - detikNews
Senin, 18 Jan 2021 12:58 WIB
Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Foto: Marullah Matali (Foto: ANTARA/Laily Rahmawaty)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini akan melantik Marullah Matali sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Pelantikan akan dilaksanakan pukul 16.00 WIB di Balai Kota DKI Jakarta.

"Pertama, nanti jam 16.00, Pak Marullah Matali Sekda yang baru sesuai aturan dan mekanisme, proses pemilihan sejak awal dilakukan sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang ada, dilakukan secara profesional, transparan sampai dengan tiga besar. Dan sudah diserahkan kepada pemerintah pusat karena Sekda ini eselon I bagian dari kewenangan pusat," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (18/1/2021).

Riza memaparkan bahwa penunjukan Marullah sebagai Sekda telah melalui berbagai proses dan tahapan penyaringan yang panjang. Hingga akhirnya, Pemprov DKI Jakarta menerima keputusan dari Presiden Joko Widodo yang memilih Marullah Matali sebagai Sekda selanjutnya.

"Kami, Pak Gubernur, saya, dan jajaran menunggu sejak kemarin dan sudah disampaikan beberapa waktu lalu, saya dan pemerintah pusat melalui tim TPA yang dipimpin Pak Jokowi sudah memutuskan bahwa pak Marullah Matali sebagai Sekda DKI. Kami akan menerima apa pun keputusan dari pemerintah pusat dan memastikan proses dan kinerja, program-program kedepan bersama Gubernur dan Sekda berjalan baik. InsyaAllah bisa lebih baik lagi," terangnya.

Politikus Gerindra ini memastikan tidak ada lagi isu krusial terkait penunjukan Sekda. Sebab, sejak awal kandidat yang memenuhi kriteria Sekda diperkenankan mengikuti tahapan seleksi.

"Tujuannya adalah agar semua mendapatkan kesempatan yang sama, supaya semua bisa belajar dan tidak ada persaingan di internal. Semuanya berkompetisi dilakukan secara sehat dan pada akhirnya terpilih berdasarkan keputusan pemerintah pusat," ujarnya.

Saat ini Marullah Matali mengemban tugas sebagai Wali Kota Jakarta Selatan. Sejauh ini, Anies Baswedan masih mencari sosok yang menggantikan Marullah sebagai Wali Kota Jaksel.

"Soal itu (pengganti Marullah) belum diputuskan. Nanti Pak Gubernur akan memimpin rapat untuk menentukan siapa akan menjadi Wali Kota Jaksel," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan (Jaksel) Marullah Matali terpilih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Marullah Matali terpilih dari tiga kandidat Sekda lainnya yang diusulkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemilihan calon Sekda DKI Jakarta ini dilakukan setelah Sekda sebelumnya, Saefullah, meninggal dunia karena terpapar COVID-19. (mae/mae)