Round-Up

Teka-teki Suara Ledakan di Buleleng Bali

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 22:04 WIB
Cute girl with hand to ear listening
Foto: Ilustrasi (Dok. Thinkstock)
Buleleng -

Masyarakat di Buleleng, Bali, dibuat geger dengan informasi suara ledakan. Suara apakah itu? Sampai saat ini masih menjadi teka-teki.

Kabar perihal suara ledakan di Buleleng itu awalnya tersebar di grup WhatsApp (WA). Suara ledakan itu disebut-sebut terjadi sekitar pagi tadi, Minggu (24/1/2021).

Sejumlah pihak terkait pun langsung melakukan penelusuran. Ada dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), polisi serta TNI setempat bergerak melakukan penelusuran.

Hasil penelusuran sementara diungkapkan Kepala BPBD Bali, I Made Rentin. Penelusuran BPBD Bali dilakukan bekerja sama dengan pihak TNI.

"Hasil penelusuran di lapangan dan di daratan tidak sama sekali ditemukan ada ledakan apa-apa. Ini laporan dari BPBD sama Dandim (Komandan Distrik Militer) di Buleleng," kata Rentin saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Dugaan demi dugaan terkait penyebab suara ledakan ini pun muncul. Setidaknya ada dua dugaan yang berkembang di masyarakat.

Dugaan awal yang menyeruak, ledakan tersebut berasal dari meteor yang jatuh. Namun, untuk memastikannya dugaan tersebut harus dikoordinasikan dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Awalnya sempat diduga jatuh meteor di sekitar lautan, tetapi masih meragukan juga. Belum ada kepastian. Jika memang itu jatuhnya meteor di tengah laut masih kami konfirmasi ke pihak Lapan. Jadi mohon bersabar untuk informasi lebih lanjut," papar Rentin.

Dugaan lainnya, suara ledakan tersebut akibat gempa bumi. Soal dugaan ini pun juga sudah dimintai konfirmasi ke pihak BMKG.

Apa hasilnya? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2