detikcom Do Your Magic

Wali Kota Bekasi soal Tumpukan Sampah Dekat JORR: Segera Dibersihkan

Afzal Nur Iman - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 14:44 WIB
Bekasi -

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi telah memerintahkan jajarannya untuk segera menyingkirkan tumpukan sampah di lahan kosong samping pintu masuk Tol Lingkar Luar Timur (JORR), Kampung Caman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Dia juga meminta warga tidak membuang sampah ke lokasi tersebut.

"Dibersihkan dan bukan tempat pembuangan sampah dan diimbau kepada warga dan atau orang yang melewati jalur tersebut untuk tidak membuang sampah," kata Rahmat Effendi saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Namun Rahmat Effendi tak menjelaskan kapan rencana sampah itu diangkut. Dia hanya mengatakan UPT Kebersihan dan camat setempat telah diperintahkan untuk menyingkirkan sampah tersebut.

"Segera, telah diperintahkan," ujar Rahmat Effendi.

Rahmat Effendi juga mengatakan lokasi tersebut bukan tempat pembuangan sampah resmi. Dia menyinggung soal kelalaian petugas.

"Itu bukan tempat resmi sampah, itu kelalaian petugas yang ditugasi oleh Dinas Lingkungan Hidup," lanjutnya.

Sebelumnya, warga Kampung Caman berharap Pemkot Bekasi mengangkut sampah yang menumpuk di lahan kosong dekat JORR Bekasi. Disebut, sampah sudah mulai menumpuk lebih dari lima tahun.

"Harapannya biar bersih kembali, biar asri kembali kayak dulu 10 tahun yang lalu," kata Ketua RT 05 RW 016, Kampung Caman, Kelurahan Jakasampurna, Tarwan (41), saat ditemui di rumahnya, Sabtu (23/1/2021).

Kondisi soal tumpukan sampah di pinggir Tol JORR ini juga viral di media sosial (medsos). Tampak dalam video tersebut, sampah terhampar menutupi tanah hingga seluas lapangan sepakbola.

Pantauan detikcom, Sabtu (23/1), tumpukan sampah masih terlihat di lahan tersebut. Selain terhampar luas, sampah terlihat menumpuk cukup tinggi. Tumpukan sampah ini menimbulkan bau busuk.

Lahan tersebut terletak di sekitar 100 meter di samping akses Gerbang Tol Kalimalang 1 Tol JORR arah Priok. Lokasi tumpukan sampah ini berada di lahan yang jalannya cukup curam.

Namun sampah juga terlihat di pinggir jalan akses Tol Kalimalang. Sampah yang didominasi oleh sampah plastik terlihat menumpuk di pinggir jalan.

Bagi Anda yang menemukan masalah perkotaan, silakan kabarkan ke kami lewat pasangmata.detik.com. Caranya, login menggunakan detikID. Bila Anda belum punya detikID, silakan bikin dulu. Caranya mudah, daftar saja di bagian pojok kanan atas detikcom. Anda juga bisa kirim info ke pasangmata.detik.com menggunakan email dan nomor ponsel.

(knv/knv)