detikcom Do Your Magic

Pemkot Diminta Angkut Sampah Dekat JORR Bekasi yang Menumpuk Selama 5 Tahun

Taufieq Renaldi - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 17:15 WIB
Sampah menumpuk di samping akses Gerbang Tol Kalimalang 1 Tol JORR arah Priok tampak hamparannya seluas lapangan bola (Taufieq Renaldi/detikcom)
Sampah menumpuk di samping akses Gerbang Tol Kalimalang 1 Tol JORR arah Priok tampak hamparannya seluas lapangan bola. (Taufieq Renaldi/detikcom)
Kota Bekasi -

Warga Kampung Caman berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengangkut sampah yang menumpuk di lahan kosong samping pintu masuk Tol Lingkar Luar Timur (JORR), Kampung Caman, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi. Disebut, sampah sudah mulai menumpuk lebih dari lima tahun.

"Harapannya biar bersih kembali, biar asri kembali kayak dulu 10 tahun yang lalu," kata Ketua RT 05 RW 016, Kampung Caman, Kelurahan Jakasampurna, Tarwan (41) saat ditemui di rumahnya, Sabtu (23/1/2021).

Tarwan mengungkapkan, sejak 2014, orang-orang membuang sampah di lahan tersebut. Berati sudah lebih dari 5 tahun sampah berada di lahan tersebut.

"Sudah lama itu, sudah yang jelas lebih dari 5 tahun. Ya berarti antara 2015 2014 udah mulai itu," ungkap Tarwan.

Tarwan menyesalkan masih adanya titik-titik penumpukan sampah di lingkungannya. Padahal lokasi penumpukan sampah dekat dengan tempat pembuangan akhir (TPA) Bantargebang.

"Yang jelas kalau wilayah kita dekat dengan TPA ya, tempat pembuangan akhir Bantargebang. Cuma di Kelurahan Jakasampurna masih ada titik-titik yang menampung sampah. Ya harapan kita jangan sampai ada lagi itu, karena ini permukiman penduduk," ujar Tarwan.

Senada dengan Ketua RT 05, warga Kampung Caman, Nunik (53), minta tolong kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk mengangkut sampah. Hal ini dikarenakan Pemkot mempunyai wewenang untuk melakukan pembersihan.

"Dibersihin-lah. Minta tolong sama Bapak Pemerintah yang punya wewenang, punya kuasa, minta tolong. Tolong kami bantu kami di sini, ya terutama buat sampah, minta tolong, deh," ungkap Nunik.

Sedangkan warga di samping lahan sampah, Kartim (35), berharap sampah yang berada di lahan tersebut diangkut. Jika sampah tidak ada, lingkungan akan lebih nyaman.

"Ya kalau harapan sih diangkut aja, biar enaklah," harap Kartim.

Simak kondisi sampah yang sudah seluas lapangan bola tersebut di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2