Analisis Ahli soal Karangan Bunga Tagih Utang Rp 1 M Berujung Laporan Polisi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 11:57 WIB
Cara menagih utang dengan mengirimkan karangan bunga pernikahan
Karangan bunga menagih utang Rp 1 miliar di Sragen. (Dok. Pribadi Iren)

Seperti diketahui, video soal karangan bunga menagih utang Rp 1 miliar di acara pernikahan yang viral di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pada akhir Desember 2020, kini berujung ke polisi. Keluarga pihak pengantin, sebagai penerima karangan bunga, melaporkan si pengirim dengan tudingan pencemaran nama baik.

"Iya lapor belum lama ini laporannya ke Polres (Sragen). Tanggal pastinya saya tidak ingat soalnya yang laporan kakak saya," ujar pengelola arisan, Mia Widaningsih (19), saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/1/2021).

Video soal karangan bunga berisi tagihan utang Rp 1 miliar yang viral itu diunggah di akun TikTok @ceoofkemayu. Dalam unggahan itu menyebut uang arisannya dan anggota lainnya dibawa kabur oleh pemilik arisan yang berinisial MW (Mia Widaningsih).

"Selamat Menikmati Uang Haram 1M. Hasil Nilep Uang Arisan. Kapan Nih Dibayar Shay," demikian yang ditulis di karangan bunga pernikahan.

Mia mengaku sebagai pengelola arisan yang dituding menggelapkan uang Rp 1 miliar tersebut. Dia menyayangkan karangan bunga itu dikirim ke acara pernikahan kakaknya.

"Itu karangan bunga di pernikahan kakak. Kakak kan nggak tahu apa-apa (soal arisan), aku tiap hari jadi merasa nggak enak sama kakak karena hari pernikahan kan hari bahagianya," terangnya.

Mia juga sedih video soal karangan bunga berisi penagihan utang arisan itu viral di media sosial. Pihaknya pun merasa dipermalukan.

"Malu, jelas malu. Kami syok sampai tidak berani keluar rumah," sambungnya.

Halaman

(zak/zak)