detikcom Do Your Magic

Ancaman Denda Jutaan Belum Bikin Penyampah Ciputat Jeri, Solusi Dinanti

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 15:11 WIB
Jakarta -

Perjuangan melawan perilaku buang sampah sembarangan di jalanan kawasan Ciputat masih terus berlangsung. Masalah belum teratasi, solusi masih dinanti.

Sampah masih ada di Jl Dewi Sartika arah Jl Jakarta-Bogor dan di bawah jalan layang (flyover) Ciputat secara administratif masuk wilayah Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan, tidak jauh dari Pasar Ciputat.

Bila hari menjelang gelap, selalu saja ada berkantong-kantong plastik isi sampah yang ditaruh di bawah flyover hingga pembatas jalan. Seolah-olah kebiasaan jorok ini boleh dilanjutkan hanya karena telah berlangsung lama dan banyak orang melakukannya. Tentu saja itu salah. Perilaku membuang sampah sembarangan tidak boleh lestari.

detikcom Do Your Magic memotret fenomena sampah di jalanan Ciputat sejak 12 Januari 2021.

Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan. (Syahidah Izzata/detikcom)Warga Ciputat dan perilaku buang sampah di jalanan 12 Januari 2021. (Syahidah Izzata/detikcom)

Jumat (15/1) pekan lalu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) turun tangan melakukan kerja bakti bersama warga. Pemkot Tangsel juga memberi tong-tong sampah untuk warga di RT 03/RW 01 Cipayung, Ciputat. Tong-tong sampah selanjutnya diposisikan di gang kawasan permukiman.

Ternyata penyediaan tong sampah untuk warga tidak lantas membuat masalah sampah di sekitar flyover terselesaikan. Bungkusan-bungkusan sampah masih tetap ada di bawah flyover Ciputat. Usut punya usut, ternyata penyampah Ciputat bukanlah warga dekat lokasi ini saja, tapi juga orang yang datang dengan kendaraan bermotor dan menaruh sampah di lokasi ini dan lantas pergi begitu saja.


Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Tong-tong sampah di gang permukiman dekat flyover Ciputat, solusi perilaku buang sampah di dekat Pasar Ciputat ini. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Selanjutnya, wakil rakyat Kota Tangerang Selatan angkat bicara:

Selanjutnya
Halaman
1 2